PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK

Mas’ula, Siti (2014) PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Permainan adalah segala aktivitas untuk memperoleh rasa senang tanpa memikirkan hasil akhir yang dilakukan secara spontan tanpa paksaan orang lain. Oleh karena itu permainan merupakan tuntutan yang esensial bagi anak. Dengan bermain anak akan dapat meningkatkan kreativitasnya dan dapat memuaskan tuntutan serta kebutuhan perkembangan dimensi afektif, kognitif, dan psikomotorik.

Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk-bentuk permainan yang dapat meningkatkan kreativitas anak, dan (2) bagaimana pengaruh permainan yang baik bagi anak. Sedangkan tujuan peenelitian ini adalah: (1) Mengetahui bentuk-bentk permainan yang dapat meningkatkan kreativitas anak, dan (2) Mengetahui pengaruh permainan yang baik bagi anak.

Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kepustakaan (library research), maka yang menjadi sumber data ialah data yanp relevan dan berhubungan dengan penelitian, dan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif berupa bahan-bahan rujukan tentang bentuk-bentuk permainan yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Adapun data-data tersebut diambil dari berbagai buku, majalah-majalah dan sebagainya. Data-data dalam penelitian ini digali dan selanjutnya diklasifikasikan dengan pokok permasalahan dari penelitian ini, data yang sudah terkumpul, setelah diklasifikasikan, dianalisa secara content analysis dan pada akhirnya diambil kesimpulan sebagai akhir dari penelitian ini.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Bentuk-bentuk permainan yang dapat meningkatkan kreativitas anak adalah permainan yang dapat mendatangkan kesenangan, seperti : menyanyi, cerita dan gerak fisik. Dan permainan yang dapat menumbuhkan daya cipta, seperti : melukis, menggambar dan lain-lain. Pengaruh permainan yang baik bagi anak dapat meningkatkan intelektual, sosial, serta ketrampilan anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan, Kreativitas Anak
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 649 Pengasuhan anak; perawatan di rumah bagi para penyandang cacat dan penyakit
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 11 Dec 2021 15:07
Last Modified: 11 Dec 2021 15:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Affandi, Chafidz
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item