PURWANTI, SULIS (2023) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-KHOIRIYAH DESA NGURUAN KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
Cover.pdf
Download (472kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I .pdf
Download (859kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (867kB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (567kB) | Request a copy
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB) | Request a copy
BAB V .pdf
Download (417kB)
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Download (525kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (841kB) | Request a copy
Abstract
Permainan tradisional memiliki beberapa manfaat diantaranya dapat melatih kognitif atau kemampuan konsentrasi anak, melatih kesabaran, ketelitian dan kreatifitas, juga mendukung perkembangan fisik dan sensorisnya. Selain itu, permainan tradisional dapat meningkatkan gerak motorik anak yang mampu menstimulus pertumbuhan otot dan otak menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di RA Al-Khoiriyah Desa Nguruan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban; (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional congklak di RA Al-Khoiriyah Desa Nguruan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuannya untuk menggambarkan objek penelitian secara mendalam berdasarkan fakta yang didapatkan di lapangan. Berdasarkan data hasil penelitian, maka hasil penelitian skripsi ini ialah sebagai berikut: (1) Efektivitas media congklak dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak terutama dalam kegiatan belajar telah didasarkan pada penyesuaian terhadap dunia anak yang cenderung lebih tertarik belajar yang dikemas dalam sebuah permainan. (2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu kematangan fisik dan lingkungan anak, dukungan serta partisipasi guru, serta sarana dan prasarana belajar yang baik. Adapun faktor penghambat anak yaitu mengalami kesulitan berinovasi dan mandiri, terdapat beberapa anak yang kurang mampu bekerja sama dalam kelompok sehingga mengganggu proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional Congklak, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 795 Game of Chance/Permainan Untung-untungan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | SULIS PURWANTI |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 05:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 05:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 Thesis advisor NI'MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3164 |