EVALUASI PEMBERIAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK NUSA CENDANA JATIROGO

MAF'ULA, ISA (2023) EVALUASI PEMBERIAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK NUSA CENDANA JATIROGO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Apotek merupakan tempat pelayanan kefarmasian yang digunakan sebagai tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh seorang apoteker. Komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) merupakan pelayanan yang diberikan kepada konsumen yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi dalam penggunaan obat dalam mencegah medication error (kesalahan dalam penggunaan obat). Pengukuran tingkat kepuasan konsumen menggunakan skala likert diharapkan hasil identifikasi dalam penelitian ini dapat membantu memperbaiki kualitas pelayanan khususnya pemberian KIE kepada konsumen. Dikarenakan belum ada penelitian yang dilakukan mengenai evaluasi pemberian KIE obat terhadap tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo, maka perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Nusa Cendana setelah diberikan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Desain penelitian ini menggunakan desain observasional deskriptif, dengan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling (sampel yang kebetulan ada) dan instrumen penelitan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan kurang lebih 2 bulan April-Mei dengan mendapatkan responden sebanyak 100 orang. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Penelitian ini ditunjukkan menggunakan 5 parameter tingkat kepuasan yaitu, bukti langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepedulian. Masing-masing parameter menunjukkan hasil bahwa sebanyak 100 responden dengan jawaban yang berbeda yang hasilnya diolah di SPSS dan Microsoft Excel adalah valid dan memenuhi standart acuan yang telah ditentukan. Tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo Tahun 2023 terhadap pelayanan KIE obat oleh petugas apotek didapatkan hasil Sangat Puas 72 orang (72%), Puas 28 orang (28%). Uji karakteristik responden yaitu berdasakan usia, jenis kelamin dan pekerjaan responden tidak mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo Tahun 2023.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Apotek
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi
Depositing User: ISA MAF'ULA
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:20
Last Modified: 09 Sep 2023 06:20
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Zuhriyah, Ainu
NIDN0706047801
Thesis advisor
Basith, Abdul
NIDN0715048502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item
View Item