MAF'ULA, ISA (2023) EVALUASI PEMBERIAN KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI APOTEK NUSA CENDANA JATIROGO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (418kB)
AWALAN.pdf
Download (961kB)
BAB I.pdf
Download (425kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (882kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (297kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (420kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Apotek merupakan tempat pelayanan kefarmasian yang digunakan sebagai tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh seorang apoteker. Komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) merupakan pelayanan yang diberikan kepada konsumen yang bertujuan untuk menyampaikan informasi dan mengedukasi dalam penggunaan obat dalam mencegah medication error (kesalahan dalam penggunaan obat). Pengukuran tingkat kepuasan konsumen menggunakan skala likert diharapkan hasil identifikasi dalam penelitian ini dapat membantu memperbaiki kualitas pelayanan khususnya pemberian KIE kepada konsumen. Dikarenakan belum ada penelitian yang dilakukan mengenai evaluasi pemberian KIE obat terhadap tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo, maka perlu dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Nusa Cendana setelah diberikan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE). Desain penelitian ini menggunakan desain observasional deskriptif, dengan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling (sampel yang kebetulan ada) dan instrumen penelitan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan kurang lebih 2 bulan April-Mei dengan mendapatkan responden sebanyak 100 orang. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Penelitian ini ditunjukkan menggunakan 5 parameter tingkat kepuasan yaitu, bukti langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan dan kepedulian. Masing-masing parameter menunjukkan hasil bahwa sebanyak 100 responden dengan jawaban yang berbeda yang hasilnya diolah di SPSS dan Microsoft Excel adalah valid dan memenuhi standart acuan yang telah ditentukan. Tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo Tahun 2023 terhadap pelayanan KIE obat oleh petugas apotek didapatkan hasil Sangat Puas 72 orang (72%), Puas 28 orang (28%). Uji karakteristik responden yaitu berdasakan usia, jenis kelamin dan pekerjaan responden tidak mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen di Apotek Nusa Cendana Jatirogo Tahun 2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan, Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Apotek |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Farmasi |
Depositing User: | ISA MAF'ULA |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:20 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:20 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Zuhriyah, Ainu NIDN0706047801 Thesis advisor Basith, Abdul NIDN0715048502 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3158 |