PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN ULASAN GOOGLE PLAY STORE PADA APLIKASI ANTERAJA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE

ARDIANTO, FERNANDA RIFKI (2023) PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS SENTIMEN ULASAN GOOGLE PLAY STORE PADA APLIKASI ANTERAJA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Ardianto, Fernanda Rifki. 2023. Penerapan data mining untuk analisis sentimen ulasan google play store pada aplikasi anteraja menggunakan metode support vector machine. Skripsi, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pembimbing Utama Rahmat Irsyada, M.Pd dan Pembimbing Pendamping Aprillia Dwi Ardianti, S.Si., M.Pd. Anteraja merupakan salah satu jasa ekspedisi di Indonesia. Anteraja mempunyai aplikasi yang dirancang untuk mengoptimalkan pengiriman barang dengan pemanfaatan teknologi modern. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini melalui google play store, yang memudahkan akses dan pemanfaatan layanan ini. Meskipun demikian, pengalaman setiap pelanggan dengan aplikasi anteraja dapat beragam. Testimoni yang diberikan oleh masyarakat yang telah menggunakan layanan ini sangat bervariasi, mulai dari ulasan positif hingga ulasan yang tidak puas. Namun, rating aplikasi anteraja di google play store cukup rendah. Potensi ini dapat menghambat pertumbuhan dan kepercayaan konsumen terhadap layanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ulasan berdasarkan rating rendah di google play store terhadap aplikasi anteraja serta untuk mengungkap penyebab rendahnya rating, mengapa ulasan kurang memuaskan, serta dampaknya terhadap eksistensi layanan. KDD adalah pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode support vector machine, SVM digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan positif dan negatif. Pengujian dilakukan dengan dua skenario, yang berarti data dibagi menjadi dua bagian dengan perbandingan 80:20, 90:10 untuk data training dan data testing. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pembagian dataset dengan rasio 90:10 memiliki akurasi terbaik, yaitu 94.87%, presisi sebesar 94.61%, serta recall sebesar 95.18%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, KDD, Support vector machine, Text mining.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Fernanda Rifki Ardianto
Date Deposited: 09 Sep 2023 02:37
Last Modified: 09 Sep 2023 02:37
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
IRSYADA, RAHMAT
NIDN0727029401
Thesis advisor
ARDIANTI, APRILLIA DWI
NIDN0726048902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3148

Actions (login required)

View Item
View Item