ROHIM, M IHSANUR (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH PESERTA DIDIK DI MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (439kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (920kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (785kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (805kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (878kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (538kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (649kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Adanya pembelajaran AAL (ASSALAM Arabic Lesson) di MTs ASSALAM Bangilan Tuban memberikan pengetahuan tambahan bagi peserta didik terutama dalam memahami kitab-kitab kuning. Untuk dapat mengembangkan potensinya dalam membaca kitab kuning khususnya dalam bidang fikih yang menggunakan kitab Matan Al-Ghayah Wa At-Taqrib. Sebagaimana Pendidik berperan aktif dalam penyampaian materi secara verbal kepada peserta didik. Pendidik juga sebagai pusat ilmu pengetahuan sehingga peserta didik bersikap pasif dalam memahami ilmu fikih. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan langsung melihat lapangan empiris (Field Research). Metode penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa tulisan, perkataan, dan perilaku manusia. Taknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah pendidik AAL (ASSALAM Arabic Lesson), kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam pemahaman fikih adalah (1) Peserta didik dapat menulis pegon dengan mengetahui makna perkata (2) Peserta didik dapat mempresetasikan maksud dari isi kitab (3) Dari tiga kelas sudah banyak yang bisa menangkap penyampaian pendidik meskipun harus adanya bimbingan intensif. Ketiga hasil di atas dapat di dukung dengan muthola’ah setiap hari dengan didukung lingkungan yang tepat. Sehingga pemahaman peserta didik dapat meningkat dalam pembelajaran kitab Al-Ghayah Wa At-Taqrib.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Fikih, Kitab Taqrib |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M IHSANUR ROHIM |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:29 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANWAR, SAEFUL NIDN2115118902 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3108 |