IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH PESERTA DIDIK DI MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN

ROHIM, M IHSANUR (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB AL-GHAYAH WA AT-TAQRIB DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIKIH PESERTA DIDIK DI MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Adanya pembelajaran AAL (ASSALAM Arabic Lesson) di MTs ASSALAM Bangilan Tuban memberikan pengetahuan tambahan bagi peserta didik terutama dalam memahami kitab-kitab kuning. Untuk dapat mengembangkan potensinya dalam membaca kitab kuning khususnya dalam bidang fikih yang menggunakan kitab Matan Al-Ghayah Wa At-Taqrib. Sebagaimana Pendidik berperan aktif dalam penyampaian materi secara verbal kepada peserta didik. Pendidik juga sebagai pusat ilmu pengetahuan sehingga peserta didik bersikap pasif dalam memahami ilmu fikih. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan langsung melihat lapangan empiris (Field Research). Metode penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa tulisan, perkataan, dan perilaku manusia. Taknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk analisis datanya. Subjek penelitian ini adalah pendidik AAL (ASSALAM Arabic Lesson), kepala sekolah, dan peserta didik. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam pemahaman fikih adalah (1) Peserta didik dapat menulis pegon dengan mengetahui makna perkata (2) Peserta didik dapat mempresetasikan maksud dari isi kitab (3) Dari tiga kelas sudah banyak yang bisa menangkap penyampaian pendidik meskipun harus adanya bimbingan intensif. Ketiga hasil di atas dapat di dukung dengan muthola’ah setiap hari dengan didukung lingkungan yang tepat. Sehingga pemahaman peserta didik dapat meningkat dalam pembelajaran kitab Al-Ghayah Wa At-Taqrib.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Fikih, Kitab Taqrib
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M IHSANUR ROHIM
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:29
Last Modified: 08 Sep 2023 02:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANWAR, SAEFUL
NIDN2115118902
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOH
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item
View Item