ANALISIS PROGRAM DINIYAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH AL JABBAR SUMBERAGUNG DANDER BOJONEGORO

ZAHRO, HAZIM MUNIFATUZ (2023) ANALISIS PROGRAM DINIYAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH AL JABBAR SUMBERAGUNG DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAGIAN AWAL.pdf] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program diniyah merupakan aktualisasi pembelajaran agama Islam dalam pembentukan kompetensi serta karakter siswa. Khususnya dalam hal toleransi antar sesama sebagai benteng dasar pola pikir seseorang dalam bersikap di era milenial agar tidak terjerumus pada generasi radikal. Fenomena bullying atau rendahnya toleransi di lingkungan pendidikan dapat terjadi karena masih minimnya pemahaman sikap moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang analisis program diniyah dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama siswa Madrasah Ibtidayah Al Jabbar Sumberagung Dander Bojonegoro.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun instrumen penelitian melalui langkah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Perencanaan program diniyah di MI Al Jabbar ini tergolong penerapan dari model PERT (Program Evaluation and Review Technique) berdasarkan hasil musyawarah bersama antara pihak yayasan, dewan guru bersama komite dan wali murid. Implementasi program diniyah di MI Al Jabbar pada hari sabtu dan Ahad menanamkan beberapa nilai moderasi beragama diantaranya: Asy syura dengan musyawarah setiap awal dan akhir tahun ajaran, Al qudwah adanya kegiatan anjangsana tahtiman bersama ke mushola terdekat, Al muwathonah penanaman cinta tanah air melui kegiatan PHBI, Laa ‘unf (anti kekerasan) melalui pola Among Asuh yang bertujuan meminimalisir adanya bullying dan I’tiraf al ‘urf ramah budaya dengan melestarikan ziarah, dhiba’, barzanji, yasin tahlil dan istighosah yang menjadi bekal untuk generasi masa depan. Evaluasi program diniyah di MI Al Jabbar menggunakan evaluasi produk (Product Evaluation) dari metode CIPP (context, input, process, and product) yang dilaksanakan melaui rapat koordinasi (RaKor) setiap akhir semesternya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Moderasi Beragama, Program Diniyah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HAZIM MUNIFATUZ ZAHRO
Date Deposited: 08 Sep 2023 03:29
Last Modified: 08 Sep 2023 03:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ROFI’AH, FIRDA ZAKIYATUR
NIDN2106089303
Thesis advisor
SA’DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item
View Item