SHOFIYAH, LAILATUL (2023) “Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro”. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlotul Ulama' Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (539kB)
AWALAN.pdf
Download (941kB)
BAB I.pdf
Download (439kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (632kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (634kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (406kB)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh perspektif pendidikan islam dalam kajian kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri pondok pesantren Sunan Drajat Kedungsantren bojonegoro, dimana dalam kajian kitab tersebut menerangkan tentang adab-adab yang dirupakan menjadi sebuah nasehat-nasehat tentang akhlaq . Dari ringkasan tersebut, penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yakni : Bagaimanakah konsep Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter santri Di Pondok pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro, Bagaimanakah implementasi konsep Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kulitatif, Menggunakan jenis Penelitian Lapangan, Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Hiles and Huberman dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, Reduksi data, Tahap Display atau Penyajian Data, dan tahap Kesimpulan dan Verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Konsep perspektif pendidikan islam yang ada di dalam kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri yakni adab menuntut ilmu, hak dan kewajiban terhadap Allah dan Rosul-Nya, adab beribadah, adab majlis, dan adab berkata jujur. Impementasi konsep perspektif pendidikan islam yang ada di dalam kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri ini di lakukan dari beberapa kegiatan yang ada di pondok seperti, muhadloroh, dziba’ dan berjanji, madrasah diniah dan madrasah Qur’an, Ziaroh Maqom, dan Ro’an Akbar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perspektif Pendidikan Islam, kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’, Santri. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAILATUL SHOFIYAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:28 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, M. JAUHAR NIDN2128097201 Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3075 |