“Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro”

SHOFIYAH, LAILATUL (2023) “Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter Santri Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro”. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlotul Ulama' Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (941kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perspektif pendidikan islam dalam kajian kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri pondok pesantren Sunan Drajat Kedungsantren bojonegoro, dimana dalam kajian kitab tersebut menerangkan tentang adab-adab yang dirupakan menjadi sebuah nasehat-nasehat tentang akhlaq . Dari ringkasan tersebut, penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yakni : Bagaimanakah konsep Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter santri Di Pondok pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro, Bagaimanakah implementasi konsep Perspektif Pendidikan Islam Dalam Kitab “Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’” Untuk Membentuk Karakter Santri di Pondok Pesantren Sunan Drajat Kedungsantren Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kulitatif, Menggunakan jenis Penelitian Lapangan, Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data model Hiles and Huberman dengan menggunakan tiga tahapan yaitu, Reduksi data, Tahap Display atau Penyajian Data, dan tahap Kesimpulan dan Verifikasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Konsep perspektif pendidikan islam yang ada di dalam kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri yakni adab menuntut ilmu, hak dan kewajiban terhadap Allah dan Rosul-Nya, adab beribadah, adab majlis, dan adab berkata jujur. Impementasi konsep perspektif pendidikan islam yang ada di dalam kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’ untuk membentuk karakter santri ini di lakukan dari beberapa kegiatan yang ada di pondok seperti, muhadloroh, dziba’ dan berjanji, madrasah diniah dan madrasah Qur’an, Ziaroh Maqom, dan Ro’an Akbar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Perspektif Pendidikan Islam, kitab Waṣãyã Al Ãbã’ Lil Abnã’, Santri.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL SHOFIYAH
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:28
Last Modified: 09 Sep 2023 06:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MA'ARIF, M. JAUHAR
NIDN2128097201
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item
View Item