FATIYA, KARIMA (2023) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NAHDLATUL ULAMA MODEL SUMBERREJO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (341kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (466kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (588kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (356kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (535kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih Sederhana namun tetap fokus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang sedang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Nahdlatul ulama model sumberrejo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas VII dan siswa kelas VII SMP Nahdlatul Ulama Model Sumberrejo. Objek penelitian adalah problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP Nahdlatul Ulama Model Sumberrejo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMP Nahdlatul Ulama Model Sumberrejo adalah terkait metode pembelajaran, media pembelajaran dan Sarana prasarana yang kurang memadai serta kurangnya persiapan dan pemahaman tentang perubahan-perubahan yang harus diterapkan secara berbeda dari kurikulum sebelumnya. (2) Solusi yang diupayakan oleh guru adalah dengan memperluas pengetahuan dan mencoba hal-hal baru termasuk metode-metode yang bervariasi dalam pembelajaran, dan memanfaatkan media dan sarana prasarana yang ada dengan sebaik mungkin.
.
Kata Kunci : Problematika, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fatiya karima |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 09:21 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 09:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Burhanudin, Hamam NIDN2109028601 Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3063 |