IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO

TISNAWATI, INA (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (866kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menyempurnakan karakter peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang terdiri dari beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan tunggal, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redaction untuk merangkum hal-hal penting, data display untuk menyajikan data dalam bentuk uraian, dan conclusions drawing/verification untuk menarik kesimpulan dan verivikasi
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro (2) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam penerapan pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di dalamnya terdapat materi kelas VII (Fase D) dimana pada fase D ini terdapat capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi peketi dengan menyampaikan pembelajaran yang mengandung elemen Al-Qur’an, Hadis, Akidah, Akhlak, Fiqih dan Sejarah Peradaban Islam, muatan tersebut memiliki dampak terhadapan pengembangan profil pelajar Pancasila, pembelajaran tersebut terdapat indikator respon dari peserta didik. Faktor Pendukung guru aktif dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa di dalamnya. Faktor penghambat guru dan siswa membutuhkan waktu penyesuaian kurikulum merdeka kususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum merdeka, pendidikan agama Islam dan Budi pekerti, Profil pelajar Pancasila
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ina Tisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:16
Last Modified: 08 Sep 2023 06:16
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2104099007
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item
View Item