TISNAWATI, INA (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 1 SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (285kB)
Awalan.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (866kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (662kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menyempurnakan karakter peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang terdiri dari beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan tunggal, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi redaction untuk merangkum hal-hal penting, data display untuk menyajikan data dalam bentuk uraian, dan conclusions drawing/verification untuk menarik kesimpulan dan verivikasi
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro (2) untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Sugihwaras Bojonegoro.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam penerapan pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di dalamnya terdapat materi kelas VII (Fase D) dimana pada fase D ini terdapat capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi peketi dengan menyampaikan pembelajaran yang mengandung elemen Al-Qur’an, Hadis, Akidah, Akhlak, Fiqih dan Sejarah Peradaban Islam, muatan tersebut memiliki dampak terhadapan pengembangan profil pelajar Pancasila, pembelajaran tersebut terdapat indikator respon dari peserta didik. Faktor Pendukung guru aktif dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan siswa di dalamnya. Faktor penghambat guru dan siswa membutuhkan waktu penyesuaian kurikulum merdeka kususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi kurikulum merdeka, pendidikan agama Islam dan Budi pekerti, Profil pelajar Pancasila |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ina Tisnawati |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:16 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3060 |