IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 BOJONEGORO

FAUZIAH, KURNIA FITRI (2023) IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (797kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar adalah proses pembelajaran yang tidak efisien. Oleh karena itu, dalam menyusun materi pembelajaran, seorang guru harus dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan belajar siswa. Siswa akan merasa bahwa mempelajari materi pelajaran sangat bermanfaat karena dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari jika materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhannya, siswa kemudian akan lebih termotivasi untuk aktif mencari ilmunya sendiri. Metode outdoor learning merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dan memotivasi siswa untuk menghubungkan teori dalam buku dengan apa yang sebenarnya terjadi di dunia nyata.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data untuk memastikan data-data bisa diperoleh secara lengkap dan menyeluruh, penyajian data untuk memberikan gambaran yang sistematis terkait hasil penelitian, dan penarikan kesimpulan untuk memberikan kesimpulan terhadap hasil analisis data dan evaluasi kegiatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) pelaksanaan outdoor learning dilaksanakan sesuai dengan RPP, dengan cara membentuk kelompok, siswa diajak ke luar kelas seperti di taman madrasah, lapangan, atau di serambi masjid, kemudian siswa kembali ke kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi. (2) dengan diterapkannya metode outdoor learning siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa motivasi belajar siswa meningkat. (3) Faktor pendukung metode outdoor learning adalah kesiapan guru dalam melakukan perencanaan yang matang melalui RPP, kompetensi guru, respon kepala sekolah yang mendukung, tersedianya fasilitas untuk proses pembelajaran, dan kondisi lingkungan yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat metode outdoor learning adalah waktu yang terbatas, siswa yang sulit dikondisikan, pengawasan yang intens terhadap siswa, dan kurangnya konsentrasi pada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode, Outdoor Learning, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KURNIA FITRI FAUZIAH
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:05
Last Modified: 08 Sep 2023 08:05
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3040

Actions (login required)

View Item
View Item