PENGARUH KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO

FIRNANDA, ELVA LUTHFIANA AYU (2023) PENGARUH KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DI MTS ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan bagaimana siswa berkembang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran yang diberikan guru masih bersifat konvensional hal ini yang harus diperbaiki untuk pendidikan saat ini. Maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media strip story dapat dijadikan solusi untuk mengubah pembelajaran yang diterapkan sekarang. Media pembelajaran strip story merupakan salah satu tipe media pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas dan tanggung jawab pada peserta didik dalam proses menghafal dengan menggunakan potongan-potongan surat agar proses pembelajaran mudah di ingat dan menyenangkan. Peneliti ini menggunakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Dengan jumlah populasi 74 siswa. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 43 sampel. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji Reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cornbach, Uji Normalitas Kolmogorof Smirnov, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis dengan Uji Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan dapat dibuktikan dari data yang diperoleh hasil analisis butir soal Uji Pretest disimpulkan bahwa nilai terendah pada Pretest yaitu 35 dan nilai tertinggi yaitu sebesar 70 dengan nilai rata-rata 56. Sedangkan nilai terendah dari posttest yaitu sebesar 55 dan nilai tertinggi yaitu sebesar 90 dengan nilai rata-rata 79. Dari hasil uji analisis butir soal Pretest dan Posttest butir soal tersebut dapat diputuskan bahwa ada korelasi dan pengaruh signifikan sesudah penggunaan kooperatif tipe STAD terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang semula rendah menjadi penilaian yang cukup diharapkan peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions, Strip Story, Hasil Belajar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elva Luthfiana Ayu Firnanda
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:01
Last Modified: 08 Sep 2023 06:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
NIDN0721099501
Thesis advisor
Muhammad, Alaika Abdi
NIDN07019019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item
View Item