PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI FASE D DI SMPN 1 BAURENO BOJONEGORO

AMRINA, VIRNA NASUL (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI FASE D DI SMPN 1 BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Model project based learning adalah model pembelajaran yang langsung berpusat kepada siswa. Siswa diharuskan menghasilkan sebuah karya lalu dipaparkan didepan kelas. Model project based learning adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan siswa untuk menunjang kurikulum merdeka. Melalui model project based learning diharapkan siswa dapat lebih menikmati dan merasa senang karena merupakan suatu pembelajaran yang langsung berpusat kepada siswa, dan dengan menghasilkan sebuah karya diharapkan kreativitas belajar mereka pun dapat berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan 10 narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : Penerapan model project based learning pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Baureno Bojonegoro mampu mengembangkan kreativitas belajar siswa. Langkah-langkah model project based learning yaitu 1) Guru memusatkan perhatian siswa pada materi yang akan diajarkan, 2) Siswa mengidentifikasi masalah, 3) Siswa membuat desain proyek yang akan dibuat, 4) Melakukan penelitian, 5) Menyusun draft/prototipe produk, 6) Mengecek kembali produk yang dibuat, 7) Memamerkan produk, 8) Guru memberi penilaian dan saran. Faktor pendukung model project based learning adalah kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran dan ketrampilan yang dimiliki oleh guru. Faktor penghambat penerapan model project based learning yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda serta kurangnya kesiapan siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Project based Learning, Kurikulum Merdeka, Kreativitas Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Virna Nasul Amrina
Date Deposited: 09 Sep 2023 05:11
Last Modified: 09 Sep 2023 05:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
2121128602
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item
View Item