AMRINA, VIRNA NASUL (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KONTEKS KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI FASE D DI SMPN 1 BAURENO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (430kB)
Awalan.pdf
Download (5MB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (482kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (980kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Model project based learning adalah model pembelajaran yang langsung berpusat kepada siswa. Siswa diharuskan menghasilkan sebuah karya lalu dipaparkan didepan kelas. Model project based learning adalah model pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan siswa untuk menunjang kurikulum merdeka. Melalui model project based learning diharapkan siswa dapat lebih menikmati dan merasa senang karena merupakan suatu pembelajaran yang langsung berpusat kepada siswa, dan dengan menghasilkan sebuah karya diharapkan kreativitas belajar mereka pun dapat berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan 10 narasumber, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : Penerapan model project based learning pada mapel PAI dan Budi Pekerti di SMPN 1 Baureno Bojonegoro mampu mengembangkan kreativitas belajar siswa. Langkah-langkah model project based learning yaitu 1) Guru memusatkan perhatian siswa pada materi yang akan diajarkan, 2) Siswa mengidentifikasi masalah, 3) Siswa membuat desain proyek yang akan dibuat, 4) Melakukan penelitian, 5) Menyusun draft/prototipe produk, 6) Mengecek kembali produk yang dibuat, 7) Memamerkan produk, 8) Guru memberi penilaian dan saran. Faktor pendukung model project based learning adalah kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran dan ketrampilan yang dimiliki oleh guru. Faktor penghambat penerapan model project based learning yaitu kemampuan siswa yang berbeda-beda serta kurangnya kesiapan siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project based Learning, Kurikulum Merdeka, Kreativitas Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Virna Nasul Amrina |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 05:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 05:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN 2121128602 Thesis advisor ROZI, FAHRU 2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3022 |