IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GAMIFICATION MELALUI MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP UNGGULAN AL-FALAH

SHOLIHAH, YUNI BADRI'ATUS (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GAMIFICATION MELALUI MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII SMP UNGGULAN AL-FALAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua puluh lima siswa laki-laki yang malas dan bosan dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Sehingga pembelajaran tidak dapat berjalan dengan efektif dan kondusif, siswa merasa malas dan bosan mengikuti pembelajaran di kelas dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru pada saat mengajar. Oleh karena itu, guru di SMP Unggulan Al-Falah khususnya guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti membuat metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk siswa yaitu metode pembelajaran gamification melalui media powtoon.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran gamification melalui media powtoon, motivasi siswa setelah penerapan metode pembelajaran gamification melalui media powtoon, serta kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran gamification melalui media powtoon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasar penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Implementasi metode pembelajaran gamification melalui media powtoon ini melalui tiga tahapan diantaranya: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi (2) Motivasi siswa setelah penerapan metode pembelajaran gamification melalui media powtoon, diantaranya: motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran, motivasi siswa untuk mengerjakan tugas, dan motivasi siswa untuk lebih aktif di kelas. (3) kelebihan metode pembelajaran gamification melalui media powtoon meliputi menumbuhkan siswa untuk belajar, membantu proses perkembangan siswa, dan membuat lingkungan belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Adapun kekurangan metode pembelajaran gamification melalui media powtoon yaitu membutuhkan fasilitas yang berbasis IT, membutuhkan waktu yang cukup banyak, dan membutuhkan persiapan dan langkah yang cukup matang.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Gamification, Media Powtoon, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode Pembelajaran Gamification, Media Powtoon, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuni Badr'atus Sholihah
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:01
Last Modified: 08 Sep 2023 08:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
Thesis advisor
SILFIYAH, KHOIROTUS
NIDN2119049201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item
View Item