Chasanah, Uswatun (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMA DARUL ULUM DESA NGLUMBER KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (178kB)
AWALAN.pdf
Download (356kB)
BAB I.pdf
Download (240kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (235kB) | Request a copy
Abstract
Implementasi Pendidikan Agama Islam merupakan suatu pelaksanaan pembelajaran dengan usaha untuk menanamkan aqidah kepada anak didik sebagai generasi Islam untuk memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Ulum Nglumbero dapat dikatakan berlangsung dengan baik, karena guru melakukan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah penelitian, yaitu (1). Bagaimana cara guru mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMA. Darul Ulum (2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMA. Darul Ulum Desa Nglumber
Penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang non statistik, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif ekploratif
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1). Sebagian besar Guru PAI di SMA Darul Ulum dapat mempersiapkan Rancangan Program Pembelajaran dengan baik, metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga mampu mengemban tugasnya yang berprofesi sebagai pendidik. 2). Dari bentuk hukuman Guru PAI di SMA Darul Ulum kebanyakan menggunakan hukuman teguran terhadap siswa yang berperilaku menyimpang. Oleh karena itu, teguran atau pemberian motivasi yang ber¬sifat halus dapat menyentuh hati siswa sehingga dapat berfikir secara sadar. 3). Dalam faktor pendukung SMA Darul Ulum, sudah memenuhi standar kapasitas yang ada, dilihat dari sarana prasarananya yang cukup memadai. Sedangkan dari faktor penghambat SMA Darul Ulum tak luput dari kekurangan, dilihat dari segi cara pengelolaan kelasnya masih ada guru yang cenderung monoton.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran pendidikan agama islam dalam pengelolaan kelas |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 05 Dec 2021 19:53 |
Last Modified: | 05 Dec 2021 19:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Masjkur, Masjkur UNSPECIFIED Thesis advisor UNSPECIFIED UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/301 |