IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMA DARUL ULUM DESA NGLUMBER KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Chasanah, Uswatun (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SMA DARUL ULUM DESA NGLUMBER KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Pendidikan Agama Islam merupakan suatu pelaksanaan pembelajaran dengan usaha untuk menanamkan aqidah kepada anak didik sebagai generasi Islam untuk memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darul Ulum Nglumbero dapat dikatakan berlangsung dengan baik, karena guru melakukan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan masalah penelitian, yaitu (1). Bagaimana cara guru mengimplementasikan Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMA. Darul Ulum (2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di SMA. Darul Ulum Desa Nglumber
Penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang non statistik, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif ekploratif
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1). Sebagian besar Guru PAI di SMA Darul Ulum dapat mempersiapkan Rancangan Program Pembelajaran dengan baik, metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga mampu mengemban tugasnya yang berprofesi sebagai pendidik. 2). Dari bentuk hukuman Guru PAI di SMA Darul Ulum kebanyakan menggunakan hukuman teguran terhadap siswa yang berperilaku menyimpang. Oleh karena itu, teguran atau pemberian motivasi yang ber¬sifat halus dapat menyentuh hati siswa sehingga dapat berfikir secara sadar. 3). Dalam faktor pendukung SMA Darul Ulum, sudah memenuhi standar kapasitas yang ada, dilihat dari sarana prasarananya yang cukup memadai. Sedangkan dari faktor penghambat SMA Darul Ulum tak luput dari kekurangan, dilihat dari segi cara pengelolaan kelasnya masih ada guru yang cenderung monoton.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran pendidikan agama islam dalam pengelolaan kelas
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 05 Dec 2021 19:53
Last Modified: 05 Dec 2021 19:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Masjkur, Masjkur
UNSPECIFIED
Thesis advisor
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item