Khotimah, Alfi Khusnul (2023) ANALISIS STRATEGI PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK AKHLAK GENERASI Z DAN GENERASI ALPHA DI PONDOK PESANTREN AL IS'AF SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (517kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (760kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (636kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (512kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (631kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Generasi Z adalah generasi yang lahir ditahun 1996-2010 setelah generasi millenium. Generas Z tumbuh dan dibesarkan dengan teknologi, internet dan sosial media yang semakin maju. Generasi alpha yaitu anak yang lahir ditahun 2011-2025 mereka lahir dari orang tua generasi millenium. Generasi alpha adalah generasi yang paling akrab dengan dunia digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan konsep strategi pondok pesantren dalam membentuk akhlak generasi Z dan generasi alpha.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi dua yaitu sumber data primer yaitu pengasuh, ustadz dan santri, dan sumber data sekunder yaitu buku bacaan, dokumen dan lain-lain. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pondok pesantren dalam membentuk akhlak generasi Z dan generasi Alpha adalah dengan melakukan kegiatan mengaji kitab kuning, muhadhoroh, membaca burdah, rutinan sholat dhuha dan tahajud, hadroh, kursus computer, rutinan bulan ramadan dengan mengadakan acara santunan anak yatim. Kemudian upaya yang dilakukan oleh pengasuh dalam membentuk akhlak yaitu dengan ceramah, nasehat, pembiasaan, teladan, hadiah dan hukuman. Faktor pendukung dari kegiatan yang dilaksanakan oleh pengasuh yaitu sarana dan prasarana yang memadai, kerjasama yang baik antara pengasuh dengan wali santri, semangat dan kerjasama antara ustadz dan ustadzah dalam membentuk akhlak santri. Kemudian faktor penghambatnya adalah faktor cuaca, kurangnya kesadaran santri untuk mengikuti kegiatan dan faktor orang tua yang memanjakan anaknya atau sebaliknya karena kurannya perhatian.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, pondok pesantren, generasi Z, generasi Alpha |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alfi Khusnul Khotimah |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 05:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 05:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus 2119049201 Thesis advisor Roin, Usman 0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3002 |