Badhik, Muhammad (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HIDAYAH KATUR GAYAM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (255kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (431kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (641kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (860kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (233kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (367kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB) | Request a copy
Abstract
Semangat belajar santri dalam mengikuti pembelajaran sangat rendah, kemampuan berpikir dan daya konsentrasi terbukti saat berlangsungnya proses pembelajaran santri lebih asyik bercerita sendiri kepada temannya dan tidak memperhatikan apa yang telah disampaikan oleh guru. Proses pembelajaran belum menggunakan pembelajaran yang inovatif sehingga santri merasa bosan dan proses pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, salah satu srategi yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran joyfull learning (pembelajaran menyenangkan/mengasyikan) supaya santri termotifasi dan semangat dalam pembelajaran
Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Katur Gayam Bojonegoro. (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat penerapan strategi pembelajaran joyfull learning pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Katur Gayam Bojonegoro, Jenis penelitian ini field research. Dengan pendekakatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil sumber data dari informen, yaitu guru pelajaran fiqih dan santri kelas 4 ula. Adapun pengumpulan datanya melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya yaitu melakukan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Strategi Pembelajaran Joyfull Learning pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Diniyah Miftahul Hidayah Katur Gayam Bojonegoro dilakukan dengan beberapa tahapan di antaranya adalah perncanaan yaitu guru mempersiapkan materi yang sudah disiapakan dalam setiap pertemuan, mencocokan materi yang sesuai dengan srategi pembelajaran yang tepat. Kemudian tahap pelaksanaan yaitu diawali dengan tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Selanjutnya tahap terakhir evaluasi yang mencakup tiga aspek yaitu kognitif, efektif dan psikomotorik. (2) Faktor penghambatnya kurangnya persiapan santri seperti tidak membawa peralatan dan kitab. Adapun faktor pendukung atau pendorong yaitu
fasilitas kitab yang memadai, mudah untuk diterapkan
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Joyfull learning, Pelajaran Fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Badhik |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:02 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:02 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aziz, Su'udin 2121128602 Thesis advisor Rozi, Fahru 2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2980 |