CAHYONO, MUHAMMAD KHOIRUL (2023) IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN DAYA INGAT SISWA KELAS VIII MTS ISLAMIYAH KASIMAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. Cover.pdf
Download (403kB)
2. Awalan.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (903kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (647kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (656kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode pembelajaran Snowball Throwing atau biasa disebut juga dengan metode bola salju adalah salah satu teknik pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran, sehingga di terapkan di MTs Islamyah Kasiman Bojonegoro salah satunya pada mata pelajaran fikih kelas VIII dalam menumbuhkan keaktifan siswa terhadap pemebelajaran. Untuk mengetahui lebih dalam implementasi Snowball Throwing, peneliti memfokuskan penelitian tentang 1. Konsep metode Snowball Throwing mata pelajaran fikih dalam menumbuhkan keaktifan belajar dan daya ingat siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kasiman Bojonegoro? 2. Implementasi metode Snowball Throwing mata pelajaran fikih dalam menumbuhkan keaktifan belajar dan daya ingat siswa kelas VIII di MTs Islamiyah Kasiman Bojonegoro?Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan 1. Guru memulai pembelajaran dengan doa, guru menerangkan materi pembelajaran, guru membentuk kelompok, siswa menulis pertanyaan dilembar kertas, kertas diremas sampai membentuk bola, bola dilempar sambil bernyanyi, siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan pilihan soal yang ada di kertas, apabila siswa benar menjawab maka kelompok tersebut mendapat nilai 10, apabila salah maka nilainya 0, diakhir pembelajaran seluruh nilai dijumlah, kelompok yang memiliki nilai terendah mendapat hukuman, lalu pembelajaran diakhiri dengan evaluasi dan salam. 2. Dalam implemetansi metode Snowball Throwing siswa sangat aktif, terlibat dalam pembelajaran, siswa berfikir membuat pertanyaan, berdiskusi dengan kelompoknya, menghormati pendapat kelompok lain dan belajar sambil bermain dan beryanyi dengan melempar bola, untuk melihat daya ingat siswa apakah materi tersampaikan dengan baik, dapat dilihat ketika siswa menyampaikan atau menjawab soal berdasarkan ingatanya dan kreatifitas siswa dapat juga dilihat dari cara mengolah kata agar jawaban yang di sampaikan dapat dimengerti.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Snowball Throwing, Keaktifan Belajar, Daya Ingat, Mata Pelajaran Fikih. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD CAHYONO |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 07:50 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 07:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2973 |