ARIF, MUHAMMAD FAHMI (2023) PENERAPAN METODE AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT PENGUASAAN BACA KITAB KUNING BAGI SANTRI PESANTREN PROGRESIF WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (32kB)
AWALAN.pdf
Download (709kB)
BAB I.pdf
Download (623kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (175kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (383kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang upaya Pesantren Progresif Wasilatul Huda dalam mengaplikasikan ilmu Nahwu dan Sharaf dari perspektif Al-Asas untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning. Penelitiaan ini bertujuan untuk merinci langkah-langkah yang diambil oleh pesantren dalam penerapan ilmu tersebut dengan pendekatan yang alami. Dilakukan di Pesantren Progresif Wasilatul Huda, di Desa Dukuhkidul, Ngasem, Bojonegoro, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul, dianalisis dengan interpretasi yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan panduan bagi ustad/ustadzah di Pesantren Progresif Wasilatul Huda untuk mengembangkan metode pengajaran sesuai tujuan yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (i) Penerapan pengajaran ilmu Nahwu dan Sharaf dengan Metode Al-Asas di Asrama Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda (disingkat ASPRO) memiliki kesamaan yang signifikan dengan penerapan Metode Al-Asas di pusat Al-Asas. Meskipun demikian, durasi pembelajaran Metode Al-Asas di ASPRO lebih singkat, yakni hanya dua kali pertemuan dalam sehari, berbeda dengan pusat Al-Asas di mana para santri belajar materi Al-Asas minimal empat kali pertemuan setiap harinya. (ii) Penerapan Metode Al-Asas di pondok ASPRO menghadapi sejumlah hambatan, diantaranya kurangnya konsentrasi dan interaksi santri dalam kelas, pembatasan durasi pengajaran karena kegiatan sekolah formal, kesulitan menghafal materi, serta keterbatasan media dan sarana pendukung pembelajaran. Diperlukan solusi yang mengatasi berbagai aspek ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. (iii) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, pengajar diharapkan menjadi lebih proaktif. Durasi pembelajaran perlu diperpanjang. Aturan dalam metode pembelajaran hafalan perlu diikuti. Bantuan pendampingan dari santri senior diperlukan. Penghargaan diberikan kepada santri yang berhasil menyelesaikan jilid pembelajaran. Peningkatan fasilitas dan infrastruktur juga menjadi faktor penting.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu nahwu dan sharaf, al-asas, kitab kuning |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MUHAMMAD FAHMI ARIF |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 08:42 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 08:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED ROZI, FAHRU NIDN2125048401 UNSPECIFIED KHOIRIYAH, SITI NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2970 |