PENERAPAN METODE AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT PENGUASAAN BACA KITAB KUNING BAGI SANTRI PESANTREN PROGRESIF WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM BOJONEGORO

ARIF, MUHAMMAD FAHMI (2023) PENERAPAN METODE AL-ASAS DALAM MEMPERCEPAT PENGUASAAN BACA KITAB KUNING BAGI SANTRI PESANTREN PROGRESIF WASILATUL HUDA DUKOHKIDUL NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang upaya Pesantren Progresif Wasilatul Huda dalam mengaplikasikan ilmu Nahwu dan Sharaf dari perspektif Al-Asas untuk meningkatkan keterampilan membaca kitab kuning. Penelitiaan ini bertujuan untuk merinci langkah-langkah yang diambil oleh pesantren dalam penerapan ilmu tersebut dengan pendekatan yang alami. Dilakukan di Pesantren Progresif Wasilatul Huda, di Desa Dukuhkidul, Ngasem, Bojonegoro, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul, dianalisis dengan interpretasi yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan panduan bagi ustad/ustadzah di Pesantren Progresif Wasilatul Huda untuk mengembangkan metode pengajaran sesuai tujuan yang diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan: (i) Penerapan pengajaran ilmu Nahwu dan Sharaf dengan Metode Al-Asas di Asrama Santri Pesantren Progresif Wasilatul Huda (disingkat ASPRO) memiliki kesamaan yang signifikan dengan penerapan Metode Al-Asas di pusat Al-Asas. Meskipun demikian, durasi pembelajaran Metode Al-Asas di ASPRO lebih singkat, yakni hanya dua kali pertemuan dalam sehari, berbeda dengan pusat Al-Asas di mana para santri belajar materi Al-Asas minimal empat kali pertemuan setiap harinya. (ii) Penerapan Metode Al-Asas di pondok ASPRO menghadapi sejumlah hambatan, diantaranya kurangnya konsentrasi dan interaksi santri dalam kelas, pembatasan durasi pengajaran karena kegiatan sekolah formal, kesulitan menghafal materi, serta keterbatasan media dan sarana pendukung pembelajaran. Diperlukan solusi yang mengatasi berbagai aspek ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. (iii) Untuk meningkatkan hasil pembelajaran, pengajar diharapkan menjadi lebih proaktif. Durasi pembelajaran perlu diperpanjang. Aturan dalam metode pembelajaran hafalan perlu diikuti. Bantuan pendampingan dari santri senior diperlukan. Penghargaan diberikan kepada santri yang berhasil menyelesaikan jilid pembelajaran. Peningkatan fasilitas dan infrastruktur juga menjadi faktor penting.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Ilmu nahwu dan sharaf, al-asas, kitab kuning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD FAHMI ARIF
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:42
Last Modified: 08 Sep 2023 08:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
UNSPECIFIED
KHOIRIYAH, SITI
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item
View Item