PENGEMBANGAN E-MODUL PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI BERBASIS KARAKTER PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL FASE-F MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL DI SMK AL MUSTAWA KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

Zahro, Ma'rifatuz (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI BERBASIS KARAKTER PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL FASE-F MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL DI SMK AL MUSTAWA KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan seiringnya pertumbuhan teknologi yang semakin maju dalam setiap kehidupan manusia, maka penggunaan teknologi terkini dalam pendidikan pun harus terjadi. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat proses pembelajaran di kelas menjadi lebih mengasikan dan bervariasi. Jika dilihat dari pelaksanaan pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Al Mustawa Soko mayoritas siswa belum mengikuti pelajaran dengan rasa senang serta kurang aktif di dalam kelas. Saat ini pembelajaran masih konvensional, sangat perlu inovasi baru berupa bahan ajar elektronik yang interaktif seperti e-modul yang mengajak siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti mencoba mengembangkan E-Modul PAI Dan Budi pekerti materi Toleransi Fase F menggunakan Flip Pdf Profesional. Jenis Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket validasi. Penelitian E-modul divalidasi oleh tiga validator. Data validasi dan kepraktisan dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dari setiap penilaian. Objek penelitian berupa bahan ajar e-modul PAI berbantuan flip pdf professional pada materi Toleransi kelas XI SMK. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa hasil uji validasi bahan ajar e-modul PAI dan Budi Pekerti menggunakan flip pdf professioal pada materi Toleransi kelas XI SMK untuk penilaian aspek kelayakan penyajian isi memperoleh rata-rata persentase sebesar 95,4% dengan kriteria “sangat valid”, serta penilaian e-modul pada aspek kebahasaan diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,75% dan desain diperoleh rata-rata persentase sebesar 96,5% dengan kriteria “sangat valid”. Selain itu, hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian pada angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 95,1% dengan kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul PAI dan Budi Pekerti berbantuan flip pdf professional pada materi Toleransi kelas XI SMK teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul, Flip Pdf Profesional, Pai dan Budi Pekerti, Pengembangan, Toleransi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ma'rifatuz Zahro
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:23
Last Modified: 08 Sep 2023 02:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Anisah, Giati
NIDN2104079104
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item
View Item