IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI EDITOR DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA PADA MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN MODEL TERPADU BOJONEGORO

SUKMA, SILVIA DEA MELATI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI EDITOR DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS SISWA PADA MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMPN MODEL TERPADU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (909kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mapel PAI dan Budi Pekerti merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum sekolah yang harus dikuasai oleh siswa. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dalam pembelajarannya.Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan media pembelajaran interaktif dapat menjadi solusi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah aplikasi editor. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemaham yang lebih tentang implementasi pembelajaran interaktif berbasis aplikasi editor dalam membentuk kreativitas siswa pada mapel PAI Dan Budi Pekerti serta faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran interaktif berbasis aplikasi editor dalam membentuk kreativitas siswa pada mapel PAI Dan Budi Pekerti.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis aplikasi editor (canva) ini diterapkan di SMPN Model Terpadu mulai tahun 2019 hingga sekarang. Media pembelajaran berbasis aplikasi editor (canva) untuk membentuk kreativitas siswa dikonsep dengan pemberian tugas kepada siswa tentang materi yang telah diajarkan dengan membuat sebuah karya visual yang menarik dengan kemampuan dan ide-ide para siswa. Tahapan-tahapan yang digunakan dalam menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi editor (canva) di SMPN Model Terpadu Bojonegoro ini, yaitu Perencanaan pembelajaran, Proses pembelajaran, dan Evaluasi hasil pembelajaran. Dan dalam penerepan media pembelajaran berbasis aplikasi editor dalam membentuk kreativitas siswa tersebut memberikan dampak dingga 70%. 2) Hambatan dalam penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi editor (canva) di SMPN Model Terpadu terdiri dari dua aspek, yaitu Internal: Kurangnya kesadaran dan pemahaman siswa dalam mempelajari apliksi canva. Eksternal: Terbatasnya akses internet. Pendukung dalam penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi editor di SMPN Model terpadu terdiri dari dua aspek, yaitu internal: Dukungan guru dan antusias siswa. Eksternal: Tersedianya lab. komputer

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Aplikasi Editor, Kreativitas, PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SILVIA DEA MELATI SUKMA
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:49
Last Modified: 09 Sep 2023 03:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN198909058
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item
View Item