IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAI MIFTAHUL HUDA BOJONEGORO

FADILLA, AYIK NUR LAILI (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAI MIFTAHUL HUDA BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya aktif dan kritis siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam serta kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan yang masih rendah dan adanya rasa bosan yang menghinggapi peserta didik. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan adanya penggunaan suatu model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share (TPS). Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif karena dirasa jenis penelitian ini mampu menjawab dan menggali data penelitian yang dibutuhkan dan menjawab permasalahan yang terkait dan berdasarkan tujuan penelitian yang digunakan itu sendiri yaitu untuk mengetahui proses implementasi strategi cooperative learning tipe think pair share (TPS) dalam mewujudkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan cara mendeskripsikan dengan cara kata atau kalimat.
Hasil penelitian sebagaimana berikut model pembelajaran kooperatif tipe cooperative learning tipe think pair share (TPS) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan pemahaman terkait materi yang dipelajari. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya berpikir kritis siswa. Banyak bertanya antara siswa lain. Rasa ingin tahu merupakan salah satu kunci dan cara utama untuk melatih kemampuan berpikir kritis, mendengarkan secara aktif. Kelebihan dari metode ini yaitu meningkatnya daya piker siswa, siswa menjadi lebih aktif dalam berpikir mengenai konsep dalam mata pelajaran, dan siswa mempunyai kesempatan untuk menyampaikan idenya. Kekurangannya adalah anak lebih sedikit ide dan jika jumlah siswa sangat banyak guru akan mengalami kesulitan dalam membimbing.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AYIK NUR LAILI FADILLA
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:35
Last Modified: 08 Sep 2023 02:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item
View Item