HARIS, MOH ABDUL (2023) EFEKTIVITAS KEGIATAN OSPA (ORGANISASI SANTRI PONDOK PESANTREN ASSALAM) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSALAM PUTRA BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
cover.pdf
Download (152kB)
halaman awal.pdf
Download (983kB)
BAB I.pdf
Download (439kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (478kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (236kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (305kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
OSPA (organisasi santri pondok pesantren Assalam) merupakan salah satu organisasi terbesar di Pondok Pesantren Assalam yang mana organisasi ini memiliki tugas serta tanggung jawab penuh terhadap kegiatan sehari-hari para santri. OSPA bertugas dalam hal mengawasi, mengatur dan mengelola seluruh kegiatan santri. Kepengurusan OSPA terdiri dari santri kelas XI MA dan didampingi serta dibina oleh Sebagian dewan guru yang ditunjuk langsung oleh direktur pondok pesantren. Oleh karena itu OSPA memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian para santri khususnya dalam hal kemandirian belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa kuat hubungan antara kegiatan OSPA dengan kepribadian para santri khususnya dalam hal kemandirian belajar, apakah memiliki dampak positif dalam kemandirian belajar santri atau justru sebaliknya. Penelitian ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa program-program dan kegiatan OSPA benar-benar terlaksana, para santri benar-benar mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan OSPA dan juga untuk mengukur seberapa tinggi tingkat kemandirian belajar para santri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimen dengan pendekatan korelasi. Adapun sampel yang digunakan adalah Sebagian dari santri kelas VIII, IX dan X dengan jumlah sampel 47. Tehnik pengumpulan data berupa angket (kuessioner) dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft office excel maka diperoleh hasil dari angket dengan nilai terendah 66 dan tertinggi 97 pada variabel X, kemudian nilai terendah 65 dan tertinggi 95 pada variabel Y. Kemudian pada uji hipotesis menggunakan uji signifikansi dan diperoleh nilai thitung sebesar 4,673 dan ttabel sebesar 2,014, sehingga thitung = 4,673 > ttabel = 2,014 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara kegiatan OSPA dengan kemandirian belajar santri di Pondok Pesantren Assalam Bangilan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, OSPA, Kemandirian belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOH ABDUL HARIS |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANWAR, SAEFUL NIDN2115118902 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2951 |