IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF MELALUI TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA TANGGIR SINGGAHAN TUBAN

ROHMAH, SITI SAILI (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF MELALUI TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA TANGGIR SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Sampul pdf.pdf] Text
Sampul pdf.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (975kB)
[thumbnail of BAB I pdf.pdf] Text
BAB I pdf.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of BAB II pdf.pdf] Text
BAB II pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III pdf.pdf] Text
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV pdf.pdf] Text
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V pdf.pdf] Text
BAB V pdf.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Lampiran pdf.pdf] Text
Lampiran pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran aktif yang mencakup beberapa cara untuk mengaktifkan siswa sejak awal pembelajaran. Dengan adanya kekatifan siswa dalam pembelajaran maka akan mempermudah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti menemukan permasalahan yaitu terdapat siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran pada mata pelajaran Akidah akhlak, sehingga sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran, akan tetapi pendidik menemukan solusi dari permasalahan tersbut yaitu dengan cara menerapkan metode baru yaitu metode pembelajaran kuis interaktif melalui team quiz.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian, sedangkan wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai penerapan metode tersebut dari informan, dan dokumentasi berupa arsip dokumentasi yaitu RPP, sejarah singkat, visi misi, jumlah siswa, jumlah pedidik, struktur organisasi, dan foto ketika melakukan wawancara sebagai bukti peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Menurut guru mata pelajaran Akidah akhlak, metode pembelajaran kuis interaktif merupakan metode yang efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada pada peserta didik, karena metode ini mampu meningkatkan keaktifan peserta didik serta membantu dalam memahami materi dengan cara berdiskusi dan tanya jawab secara berkelompok. (2) Penerapan metode kuis interaktif melalui team quiz dalam meningkatkan keaktifan siswa dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, tahap pertama perencanaan, tahap kedua pelaksanaan, dan tahap yang ketiga evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kuis Interaktif melalui Team Quiz, Keaktifan Belajar siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Saili Rohmah
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:50
Last Modified: 07 Sep 2023 08:50
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
MA'ARIF, M. JAUHARUL
NIDN2128097201
UNSPECIFIED
MAMLUAH, AYA
NIDN2126079004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item
View Item