ROHMAH, SITI SAILI (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF MELALUI TEAM QUIZ DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA TANGGIR SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Sampul pdf.pdf
Download (378kB)
Awalan.pdf
Download (975kB)
BAB I pdf.pdf
Download (610kB)
BAB II pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (611kB) | Request a copy
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB) | Request a copy
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (611kB) | Request a copy
BAB V pdf.pdf
Download (481kB)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf
Download (449kB)
Lampiran pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran aktif yang mencakup beberapa cara untuk mengaktifkan siswa sejak awal pembelajaran. Dengan adanya kekatifan siswa dalam pembelajaran maka akan mempermudah untuk mencapai tujuan pembelajaran. Peneliti menemukan permasalahan yaitu terdapat siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran pada mata pelajaran Akidah akhlak, sehingga sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran, akan tetapi pendidik menemukan solusi dari permasalahan tersbut yaitu dengan cara menerapkan metode baru yaitu metode pembelajaran kuis interaktif melalui team quiz.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian, sedangkan wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai penerapan metode tersebut dari informan, dan dokumentasi berupa arsip dokumentasi yaitu RPP, sejarah singkat, visi misi, jumlah siswa, jumlah pedidik, struktur organisasi, dan foto ketika melakukan wawancara sebagai bukti peneliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Menurut guru mata pelajaran Akidah akhlak, metode pembelajaran kuis interaktif merupakan metode yang efektif dalam mengatasi permasalahan yang ada pada peserta didik, karena metode ini mampu meningkatkan keaktifan peserta didik serta membantu dalam memahami materi dengan cara berdiskusi dan tanya jawab secara berkelompok. (2) Penerapan metode kuis interaktif melalui team quiz dalam meningkatkan keaktifan siswa dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, tahap pertama perencanaan, tahap kedua pelaksanaan, dan tahap yang ketiga evaluasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kuis Interaktif melalui Team Quiz, Keaktifan Belajar siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Saili Rohmah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED MA'ARIF, M. JAUHARUL NIDN2128097201 UNSPECIFIED MAMLUAH, AYA NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2943 |