Zakaria, Moch (2023) Bentuk Pendidikan Akhlak menurut Syekh Muhammad bin Syekh Ihsan dan KH.Bisri Musthofa bin H. Zainal Musthofa. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (57kB)
awalan.pdf
Download (804kB)
bab I.pdf
Download (277kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB) | Request a copy
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB) | Request a copy
Bab V.pdf
Download (122kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (634kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pendidikan akhlak menurut Syekh muhammad bin Syekh Ihsan Jampes dalam Kitab Mufidut thulab dan KH. Bisri Musthofa bin H. Zainal Musthofa dalam kita Syi’ir Mitra Sejati. Keduanya merupakan ulama Nusantara yang memiliki banyak karangan kitab dan memiliki ciri khas dalam pandangan konsep pendidikan akhlak. Oleh sebab itu, penelitian ini mengarah pada studi komparasi. Penelitian ini menggunakan metode library reserch, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap kajian terkait, dari data primer, data sekunder, literatur-literatur dan catatan-catatan lain yang relevan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif untuk menelaah kajian kitab kuning serta menggunakan metode hermeneutika guna menelaah syi’ir. Dalam kitab Mufidut thulab karya Syekh muhammad bin Syekh Ihsan menjelaskan bentuk Pendidikan akhlak yakni: dlabtun nafsi, tawadlu’ dan toleransi. Sedangkan dalam Kitab Syi’ir Mitra Sejati karya KH. Bisri Musthofa bin H. Zainal Musthofayakni: Dlabtun nafsi, amanah dan toleransi. Diantara persamaanya adalah dlabtun nafsi,. Yakni, bertutur kata dengan baik, toleransi, serta bentuk Pendidikan akhlak dari paparan kedua tokoh dapat digunakan untuk semua tingkat usia. Adapun perbedaanya yang cukup signifikan adalah bahwa menurut Syekh muhammad bin Syekh Ihsan menekankan bahwa konsep pendidikan akhlaknya mendekat pada ilmu tasawwuf dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah. Sedang menurut KH. Bisri Musthofa bin H. Zainal Musthofa konsep pendidikan akhlaknya berfokus dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Akhlak, Syekh Muhammad bin Syekh Ihsan, KH. Bisri Musthofa |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai > 297.511 Akhlak Berdasarkan Naqli |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOCH ZAKARIA |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:06 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nisa', Ida Fauziatun NIDN2124129001 Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2937 |