Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sugihwaras

PUTRI, SEPTIANI FAVIKA (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi perketi untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa perlu mendapat perhatian penting. Dalam observasinya di SMA Negeri 1 Sugihwaras, peneliti menemukan data lemahnya kemampuan bernalar kritis siswa antara lain, siswa masih kesulitan dalam menguraikan informasi yang kompleks, mengidentifikasi komponen penting, dan menghubungkan konsep-konsep yang berbeda. Beberapa siswa juga belum mampu mengambil informasi yang ada dan menyimpulkan secara logis, berdasarkan bukti yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data meliputi reduksi data, data display, dan kesimpulan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sugihwaras. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: dalam implementasinya guru selalu memberikan assesmen untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, namun masih banyak kendala-kendala yang dialami dalam implementasi kurikulum merdeka belajar yang masih perlu terus diupayakan agar implementasi kurikulum Merdeka belajar ini dapat diterapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Bernalar Kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Septiani Favika Putri
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:32
Last Modified: 07 Sep 2023 08:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
NIDN2115058905
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item
View Item