SIFA, WILDA AULIYAUS (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMP PLUS AL_MUTAMAKKIN KAPAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1) Cover.pdf.pdf
Download (497kB)
2) Awalan.pdf.pdf
Download (1MB)
3) BAB I.pdf
Download (717kB)
4) BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (628kB) | Request a copy
5) BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
6) BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (803kB) | Request a copy
7) BAB V.pdf.pdf
Download (467kB)
8) Daftar Pustaka.pdf.pdf
Download (680kB)
9) Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan belajar interaksi antara pendidik dan peserta didik. Dalam mewujudkan Pendidikan yang berkualitas perlu adanya peningkatan proses pembelajaran dan metode pembelajaran, karena tingkat keberhasilan kegiatan belajar dapat diukur dari hasil metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang berinovasi dapat memudahkan guru dalam menyajikan pelajaran menjadi menarik dan lebih aktif. untuk itu, pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran.
Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Plus Al-Mutamakkin Kapas, Pendidik mata pelajaran PAI, Peserta didik kelas VII. Peneliti menggunakan teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dengan metode diskusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP Plus Al-Mutamakkin Kapas melalui pembukaan, pelaksanaan, aktivitas lanjutan dan penutup, (2) hasil dari pembelajaran adalah peserta didik lebih tertarik, menuasai dan memahami materi, (3) faktor pendukung pembelajaran adalah antusias peserta didik dan peraturan diskusi, faktor penghambatnya adalah peserta didik yang tidak antusias dalam pelaksanan diskusi serta kondisi ruang kelas yang kurang nyaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wilda Auliyaus Sifa |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:11 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED MAMLU"AH, AYA NIDN2126079004 UNSPECIFIED MUTHI"UDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2915 |