IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMP PLUS AL_MUTAMAKKIN KAPAS

SIFA, WILDA AULIYAUS (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMP PLUS AL_MUTAMAKKIN KAPAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1) Cover.pdf.pdf] Text
1) Cover.pdf.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of 2) Awalan.pdf.pdf] Text
2) Awalan.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3) BAB I.pdf] Text
3) BAB I.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of 4) BAB II.pdf.pdf] Text
4) BAB II.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of 5) BAB III (1).pdf] Text
5) BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of 6) BAB IV.pdf.pdf] Text
6) BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[thumbnail of 7) BAB V.pdf.pdf] Text
7) BAB V.pdf.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 8) Daftar Pustaka.pdf.pdf] Text
8) Daftar Pustaka.pdf.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 9) Lampiran.pdf.pdf] Text
9) Lampiran.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan belajar interaksi antara pendidik dan peserta didik. Dalam mewujudkan Pendidikan yang berkualitas perlu adanya peningkatan proses pembelajaran dan metode pembelajaran, karena tingkat keberhasilan kegiatan belajar dapat diukur dari hasil metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang berinovasi dapat memudahkan guru dalam menyajikan pelajaran menjadi menarik dan lebih aktif. untuk itu, pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran.
Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Plus Al-Mutamakkin Kapas, Pendidik mata pelajaran PAI, Peserta didik kelas VII. Peneliti menggunakan teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dengan metode diskusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP Plus Al-Mutamakkin Kapas melalui pembukaan, pelaksanaan, aktivitas lanjutan dan penutup, (2) hasil dari pembelajaran adalah peserta didik lebih tertarik, menuasai dan memahami materi, (3) faktor pendukung pembelajaran adalah antusias peserta didik dan peraturan diskusi, faktor penghambatnya adalah peserta didik yang tidak antusias dalam pelaksanan diskusi serta kondisi ruang kelas yang kurang nyaman.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi, Keterampilan Berbicara
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wilda Auliyaus Sifa
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:11
Last Modified: 07 Sep 2023 07:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
MAMLU"AH, AYA
NIDN2126079004
UNSPECIFIED
MUTHI"UDIN, AHMAD
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2915

Actions (login required)

View Item
View Item