KHI'MAH, FITROTUL (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (93kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB l.pdf
Download (597kB)
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only
Download (543kB) | Request a copy
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only
Download (415kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (343kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (323kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (236kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (378kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan zaman memengaruhi pendidikan, pendidikan merupakan aset terpenting dalam mempersiapkan perkembangan zaman saat ini sehingga Kemendikbudristek mempersiapkan dengan cara memperbaiki kurikulum yaitu dengan Kurikulum Merdeka, dalam Kurikulum Merdeka ini siswa memiliki keleluasan dalam memilih program pembelajaran. SMK Negeri 2 Bojonegoro merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka namun dengan keunggulan yang ada di sekolah masih adanya hambatan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum SMK Negeri 2 Bojonegoro, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, Siswa kelas X. Peneliti menggunakan teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Bojonegoro memiliki tiga tahap dalam pelaksanaannya yaitu meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian, (2) Faktor pendukung: Unggulnya SDM guru dan siswa, Kesiapan kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, fasilitas belajar yang memadai serta kesiapan komite sekolah dalam membantu berjalannya pembelajaran Kurikulum Merdeka. Sedangkan faktor penghambatnya disebabkan karena latar belakang dan lingkungan seperti siswa yang berlatar belakang sekolah dari SMP dengan Madrasah memiliki perbedaan pemahaman tersendiri terkhusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti juga adanya siswa kurangnya motivasi dan dukungan keluarga sehingga memengaruhi psikologis siswa yang menjadikan tingkat kedisiplinan berkurang.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 209 Sekte dan gerakan reformasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fitrotul Khi'Mah |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 04:44 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 04:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 UNSPECIFIED FAUZIAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2914 |