IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

KHI'MAH, FITROTUL (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB l.pdf] Text
BAB l.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of BAB ll.pdf] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB lll.pdf] Text
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman memengaruhi pendidikan, pendidikan merupakan aset terpenting dalam mempersiapkan perkembangan zaman saat ini sehingga Kemendikbudristek mempersiapkan dengan cara memperbaiki kurikulum yaitu dengan Kurikulum Merdeka, dalam Kurikulum Merdeka ini siswa memiliki keleluasan dalam memilih program pembelajaran. SMK Negeri 2 Bojonegoro merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka namun dengan keunggulan yang ada di sekolah masih adanya hambatan yang dialami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum SMK Negeri 2 Bojonegoro, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, Siswa kelas X. Peneliti menggunakan teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian yang didapat yaitu: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Bojonegoro memiliki tiga tahap dalam pelaksanaannya yaitu meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian, (2) Faktor pendukung: Unggulnya SDM guru dan siswa, Kesiapan kepemimpinan kepala sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, fasilitas belajar yang memadai serta kesiapan komite sekolah dalam membantu berjalannya pembelajaran Kurikulum Merdeka. Sedangkan faktor penghambatnya disebabkan karena latar belakang dan lingkungan seperti siswa yang berlatar belakang sekolah dari SMP dengan Madrasah memiliki perbedaan pemahaman tersendiri terkhusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti juga adanya siswa kurangnya motivasi dan dukungan keluarga sehingga memengaruhi psikologis siswa yang menjadikan tingkat kedisiplinan berkurang.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 209 Sekte dan gerakan reformasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitrotul Khi'Mah
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:44
Last Modified: 08 Sep 2023 04:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
BURHANUDDIN, HAMAM
NIDN2109028601
UNSPECIFIED
FAUZIAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item
View Item