Mujtaba, Moch. Charis (2023) Konsep Etika Siswa Perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (362kB)
AWALAN.pdf
Download (852kB)
BAB I.pdf
Download (468kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (465kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (339kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (400kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berkaca pada kondisi etika pelajar di era saat ini, baik yang diliput dalam berita online maupun pengamatan langsung, terjadi etika yang menyimpang di kalangan pelajar. Banyak perilaku kurang terpuji di kalangan anak didik seperti berkata jorok, pergaulan seks bebas, maraknya kekerasan antar pelajar, dan kejatahan terhadap sesama teman yang mengindikasikan bahwa pendidikan belum mampu menghasilkan generasi masa depan yang berkepribadian luhur. Oleh karena itu, perlu adanya kajian yang lebih mendalam tentang etika siswa. Jika meninjau kembali kitab Adab Al- ‘Alim wa al-Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari, maka terdapat beberapa risalah mengenai etika yang harus dimiliki oleh seorang siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui konsep etika siswa perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al- ‘Alim wa al-Muta’allim; (2) untuk mengetahui relevansi konsep etika siswa perspektif KH. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan karakter. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Data dalam penelitian diperoleh melalui data-data kepustakaan yang mengkaji tentang etika siswa menurut KH. Hasyim Asy’ari, kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil bahwa (1) etika siswa perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al- ‘Alim wa al-Muta’allim terbagi menjadi etika pribadi seorang siswa, etika siswa kepada guru, serta etika siswa dalam belajar. (2) konsep etika siswa yang ditawarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al- ‘Alim wa al-Muta’allim memiliki relevansi dengan pendidikan karakter saat ini, yang mana pendidikan saat ini banyak terjadi kasus pelajar yang tidak sesuai dengan etika yang baik
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Siswa, Adab Al- ‘Alim Wa Al- Muta’allim, KH. Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moch Charis Mujtaba |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:36 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:36 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rozi, Fahru NIDN2125048401 Thesis advisor Isroani, Farida NIDN0710028903 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2910 |