ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO

Diana, Ima Nur (2023) ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar sebagai seluruh tubuh yang akan dipengaruhi oleh kematangan anak. Perkembangan Kognitif merupakan suatu proses berfikir dan berkonsentrasi dalam kemampuan individu anak. Permainan sapu tangan merupakan permainan yang sudah ada sejak tahun 70an dan mulai berkembang pada tahun 90an sampai sekarang. Permainan sapu tangan sebagai salah satu bentuk dari kegiatan bermain dan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Kartini yang berada di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan juga anak-anak usia 5-6 tahun. Sedangkan objek penelitian ini adalah permainan sapu tangan terhadap perkembangan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK kartini Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai bagaimana penerapan permainan sapu tangan terhadap perkembangan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun yaitu guru menyiapkan RPPH, membuat jadwal kegiatan permainan sapu tangan, menyiapkan media (sapu tangan), menyiapkan tempat untuk bermain dan menyiapkan alat pendukung lainya. Dari hasil perkembangan motorik kasar dan kognitif pada anak yaitu: anak berkembang sesuai harapan (BSH) seperti berlari dan menangkap. Saat bermain anak berkembang sangat baik (BSB) seperti anak dapat berkonsentrasi dengan baik saat mendapatkan giliran untuk bermain.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Sapu Tangan, Motorik Kasar, Kognitif, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ima nur Diana
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:38
Last Modified: 07 Sep 2023 08:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
Teacher
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2908

Actions (login required)

View Item
View Item