Diana, Ima Nur (2023) ANALISIS PERMAINAN SAPU TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR DAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KARTINI KECAMATAN BOJONEGORO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (489kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (638kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (911kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (236kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (350kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Motorik kasar merupakan gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar sebagai seluruh tubuh yang akan dipengaruhi oleh kematangan anak. Perkembangan Kognitif merupakan suatu proses berfikir dan berkonsentrasi dalam kemampuan individu anak. Permainan sapu tangan merupakan permainan yang sudah ada sejak tahun 70an dan mulai berkembang pada tahun 90an sampai sekarang. Permainan sapu tangan sebagai salah satu bentuk dari kegiatan bermain dan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Kartini yang berada di Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik dan juga anak-anak usia 5-6 tahun. Sedangkan objek penelitian ini adalah permainan sapu tangan terhadap perkembangan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK kartini Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai bagaimana penerapan permainan sapu tangan terhadap perkembangan motorik kasar dan kognitif anak usia 5-6 tahun yaitu guru menyiapkan RPPH, membuat jadwal kegiatan permainan sapu tangan, menyiapkan media (sapu tangan), menyiapkan tempat untuk bermain dan menyiapkan alat pendukung lainya. Dari hasil perkembangan motorik kasar dan kognitif pada anak yaitu: anak berkembang sesuai harapan (BSH) seperti berlari dan menangkap. Saat bermain anak berkembang sangat baik (BSB) seperti anak dapat berkonsentrasi dengan baik saat mendapatkan giliran untuk bermain.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Sapu Tangan, Motorik Kasar, Kognitif, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ima nur Diana |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:38 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Kusna, Siti Labiba NIDN2120018702 Teacher Puspitasari, Endang NIDN0720079302 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2908 |