SA'DIYAH, CHALIMATUS (2023) IMPLEMENTASI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Uiversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. Cover.pdf
Download (371kB)
2. Awalan.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (554kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (252kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Download (474kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (842kB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi metode SQ3R pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti terhadap kemampuan berfikir kritis siswa, dalam pembelajaran di lembaga SMA Plus Al Fatimah Bojnegoro telah menggunakan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2022, dalam kurikulum merdeka terdapat istilah P5 yakni pengembangan profil pelajar pancasila, yang berisi 6 aspek, salah satunya yakni bernalar kritis, berpikir kritis memiliki arti berpikir secara mendalam dan berusaha mencari cara meneyelesaikannya. Salah satu cara dalam pembelajaran agar siswa dapat menubuhkan kemampuan berfikir kritis yakni dengan mengunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti seta siswa kelas X-2 SMA Plus Al-Fatimah Bojonegoro. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut; (1) Implementasi metode SQ3R dilakukan melalui beberapa tahap, yakni tahap perencanaan dengan menyiapkan RPP dan sumber belajar, tahap pelaksanaan dengan survey, question, read, recite, dan review serta tahap evaluasi dengan latihan soal (2) faktor pendukung dari implementasi metode SQ3R yakni guru yang berkompeten, semangat dan kesadaran siswa tentang pentingnya belajar PAI, Adapun yang menjadi faktor penghambat yakni padatnya aktifitas siswa serta jam pembelajaran PAI disiang hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review), PAI dan Budi Pekerti, Kemampuan Berfikir Kritis. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Chalimatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 08:16 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 08:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2905 |