AFIFA, LIA NUR (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK PEMUDA TARUNA NGRASEH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (43kB)
AWALAN.pdf
Download (893kB)
BAB I.pdf
Download (369kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (459kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (238kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (295kB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dalam penelitian ini metode pembelajaran ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi belum pernah digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil observasi penulis menemukan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah, namun proses pembelajaran masih terkesan berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi dengan harapan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimen dengan menggunakan desain the one group pre-test post test design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Pemuda Taruna Ngraseh. Pengukuran pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa pre test dan post test. Analisis data yang berupa uji validitas, uji reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cornbach, uji normalitas Kolmogorof-Smirnov, uji linieritas, uji hipotesis yaitu teknik uji Paired Sample T-test dengan bantuan SPSS versi 2.6. Berdasarkan penelitian menunjukkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebelumnya kurang maksimal, setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi terhadap hasil belajar siswa lebih meningkat. Data yang diperoleh pada hasil pre test yaitu nilai terendah 40 dan nilai tertinggi yaitu sebesar 88 dengan nilai rata- rata 63,56 dan nilai terendah post test yaitu 52 dan nilai tertinggi yaitu 94 dengan nilai rata-rata 80,22. Terdapat selisih kenaikan yang cukup signifikan maka dapat diputuskan bahwa ada korelasi dan pengaruh signifikan dalam penelitian metode pembelajaran ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMK Pemuda Taruna Ngraseh.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Ekspositori yang dikombinasikan dengan diskusi, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LIA NUR AFIFA |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:44 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Mashur, Ahmad NIDN2122037701 Thesis advisor Shofiyuddin, Ahmad NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2897 |