MUNIR, RINA OKTAFIANA (2023) IMPLEMENTASI KITAB PELAJARAN TAJWID KH IMAM ZARKASYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR'AN SISWA DI MTs ISLAMIYAH ATTANWIR SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (71kB)
Awalan.pdf
Download (11MB)
BAB I .pdf
Download (12MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (31MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (20MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (3MB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (4MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Membaca Al-Qur'an dengan kaidah Tajwid yang benar bagi siswa madrasah menjadi sebuah keniscayaan, bukan berarti tidak diperlukan lagi mendalaminya. Sebagaimana proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Islamiyah Attanwir Sumberrejo Bojonegoro, justru memerlukan pemahaman dan pendalaman ilmu tajwid kembali, dikarenakan para siswa berasal dari lulusan sekolah atau madrasah yang berbeda-beda. Dari latar belakang inilah, peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi Kitab Pelajaran Tajwid KH. Imam Zarkasyi dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Islamiyah Attanwir Sumberrejo Bojonegoro? Serta apa faktor pendukung dan penghambatnya? Penelitian ini merupakan hasil dari studi lapangan, dengan metode kualitatif-deskriptif. Lalu teknik pengolahan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data sepanjang penelitian berlangsung meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan dari dua rumusan masalah diatas, setelah peneliti riset dan analisa, dapat disimpulkan, bahwa : 1). Implementasi tajwid terwujud dalam pembacaan Surat Pilihan sebelum memulai pembelajaran, lalu dalam menghafal Surat-Surat pendek, dan utamanya dalam kegiatan tilawah al-qur'an sepulang sekolah. 2). Faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi dari orang tua serta kurangnya perhatian dari seorang guru, Kemudian faktor pendukungnya, yakni Minat dan intelegensia siswa, sehingga siswa menjadi semangat dan aktif bertanya tentang kaidah tajwid maupun penjelasan mengenai makharij al-huruf.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tajwid, Makhorij al-Huruf, Membaca Al-Qur'an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rina Oktafiana Munir |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:48 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2101067901 Thesis advisor CHOIRI, MOH. MIFTAHUL NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2854 |