Hartoyo, Lilik (2023) IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN AL QUR'AN DIKELAS IV ULA MADIN AL AMIN BALONGREJO SUGIHWARAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
cover.pdf
Download (64kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (426kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (312kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (315kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kedekatan anak dengan gadget terkhusus HP android di era sekarang ini bukanlah sesuatu yang asing, akan tetapi anak-anak lebih asik dengan hp dari pada dengan yang lainnya. Dalam proses pembelajaran media adalah sesuatu yang paling berperan dalam keberhasilan meningkatkan pemahaman sekaligus meningkatkan kemampuan santri. Dalam pelajaran Al Qur’an, media yang ada yaitu buku dan papan tulis tidak cukup untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Peserta didik terkadang masih merasa kesulitan dalam hal pemahaman terkait materi yang disampaikan oleh pendidik ketika pembelajaran berlangsung. Dengan adanya penerapan media audiovisual berbasis android diharapkan mampu untuk lebih meningkatkan kefahaman dan kemampuan santri dalam belajar Al Qur’an.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media audiovisual berbasis android pada mata pelajaran Al Qur’an, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan media audiovisual berbasis android pada mata pelajaran Al Qur’an dikelas IV ula Madin Al Amin Balongrejo Sugihwaras Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui: (1) Penerapan media audiovisual berbasis android dilakukan dengan tahapan persiapan, penyampaian materi, pembagian vidio, menyimpulkan materi yang dibagikan, (2) kelebihan media audiovisual berbasis android adalah materi yang dibagikan dapat diputar ulang diluar jam pelajaran, dan kekurangannya adalah tidak semua pelajaran bisa menggunakan media audiovisual berbasis android, dan tidak semua guru bisa menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audiovisual berbasis android, mata pelajaran Al Qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lilik Hartoyo |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:55 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:55 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Nisa', Ida Fauziatun NIDN2124129001 Thesis advisor Azmi, Ahmad Rifqi NIDN0000000000 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2853 |