PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGIC BOOK UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERFIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA MOJODESO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO

Nurjannah, Siti Indah (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LOGIC BOOK UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BERFIKIR LOGIS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DESA MOJODESO KECAMATAN KAPAS KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAR NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentan usia lahir sampai 6 tahun dimana pada masa itu disebut dengan masa keemasan atau golden age yang mana anak peka terhadap segala jenis rangsangan. Maka dari itu perlunya stimulasi agar tercapai perkembangan anak secara optimal. Stimulasi perkembangan pada anak sangat berguna untuk kesiapan menuju jenjang pembelajaran selanjutnya. Aspek perkembangan anak yang harus distimulasi adalah perkembangan kognitif, salah satu bagian dari perkembangan kognitif adalah perkembangan berpikir logis. Dari hasil observasi yang dilakukan peneliti di lembaga TK Dharma Wanita Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro didapatkan hasil bahwa capaian perkembangan anak dalam berpikir logis kurang terstimulasi secara optimal seraya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan untuk menstimulasi perkembangan berpikir logis yang terbatas. Guru lebih sering menggunkan LKA dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu dengan tahapan-tahapan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Dari model pengembangan tersebut peneliti pengembangan media pembelajaran Logic Book. Selama proses pengembangan dilakukan media pembelajaran Logic Book divalidasi oleh dua validator ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Serta media yang sudah tervalidasi dilakukan uji coba pruduk yang terdiri dari 6 anak untuk uji coba kelompok kecil dan 15 anak untuk uji coba kelompok besar di TK Dharma Wanita Desa Mojodeso Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro.
Berdasarkan hasil uji validasi kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi maka diperoleh hasil bahwa media pembelajaran Logic Book sangat layak diimplementasikan pada anak usia 4-5 tahun untuk menstimulasi perkembangan berpikir logis, dengan nilai presentase 92% dari ahli materi dan 92% dari ahli media. Serta pada implementasi media pembelajaran Logic Book juga didapatkan hasil bahwa media baik digunakan dalam menstimulasi perkembangan perpikir logis pada anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Logic Book, Kemampuan Berpikir Logis, Anak Usia Dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Indah Nurjannah
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:01
Last Modified: 07 Sep 2023 06:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kusna, Siti Labiba
NIDN2120018702
Thesis advisor
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item
View Item