NI'MAH, FADHILATUN (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD KITA BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (631kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (704kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (427kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (687kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Majunya suatu bangsa terlihat pada pengelolaan Pendidikan yang ada didalamnya, termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah terkait penyelenggaraan Pendidikan. Pendidikan merupakan hak dasar bagi seluruh warga negara Indonesia, tanpa melihat kelas sosial, ras, suku, etnis, maupun perbedaan fisik serta mental. Sekolah inklusi merupakan sekolah yang menerima peserta didik regular dengan peserta didik istimewa pada kelas yang sama. Paradigma lama mengenai Pendidikan selalu menempatkan guru sebagai pihak yang aktif di dalam kelas, melalui strategi CTL ini ingin menjadikan siswa menjadi peserta aktif. Tujuan penelitian ini untuk menggali data mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi pembelajaran CTL di SD Kita. Serta menjadikan sekolah percontohan yang menerapkan Pendidikan inklusi di Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) perencanaan strategi CTL di SD Kita diawali dengan pengelolaan indikator pembelajaran sesuai kemampuan siswa, lalu siswa diarahkan tingkah lakunya melalui Program Pembelajaran Individual (PPI) (2) pelaksanaan strategi CTL dilakukan melalui pendampingan, kelompok, berbasis tematik, karyawisata, cooperative learning, dan demonstrasi. (3) evaluasi strategi CTL menggunakan tes tulis, proyek, dan demonstrasi, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dalam PPI.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan inklusi, Strategi CTL, SD Kita. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FADHILATUN NI'MAH |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 04:35 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 04:35 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Habibullah, M. Romadlon NIDN2109058801 Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2789 |