PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENSTIMULASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BANGILAN TUBAN

FARHA, MUHAMMAD IZZA (2023) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENSTIMULASI MOTIVASI BELAJAR SISWA MAPEL PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media animasi sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Media animasi telah menjadi perangkat populer dalam dunia pendidikan karena kemampuannya dalam menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan interaktif. Namun, dampak penggunaan media animasi terhadap motivasi belajar siswa masih perlu diteliti lebih lanjut.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk memahami dan menggali fenomena tertentu secara mendalam. Pendekatan kualitatif lebih fokus pada makna, interpretasi, dan pemahaman yang dialami oleh subjek penelitian daripada pada angka-angka dan generalisasi statistik.
Hasil dari penelitian ini Animasi mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan menyenangkan. Keberadaan visual yang menarik dan interaktif melalui animasi mendorong minat siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Animasi memiliki kemampuan untuk merangsang rasa ingin tahu siswa serta mengatasi rasa bosan di dalam kelas, sehingga mampu meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dengan semangat yang lebih besar. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat dalam penggunaan media animasi dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti. Faktor-faktor ini meliputi ketersediaan perangkat teknologi yang memadai, kecocokan konten animasi dengan kurikulum, serta persiapan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Di sisi lain, faktor-faktor pendukung seperti dukungan sekolah dalam menyediakan fasilitas teknologi, peningkatan kompetensi guru dalam menggunakan media animasi, dan dukungan positif dari orang tua terhadap penggunaan media animasi dalam pembelajaran juga memainkan peran penting dalam kesuksesan penggunaan metode ini.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Motivasi, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD IZZA FARHA
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:41
Last Modified: 06 Sep 2023 08:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2784

Actions (login required)

View Item
View Item