EFEKTIVITAS MEDIA LITERASI DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTS DARUL FALAH KEDUNGPRIMPEN KANOR BOJONEGORO

STYYO, AHMAD SUPRAS (2023) EFEKTIVITAS MEDIA LITERASI DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTS DARUL FALAH KEDUNGPRIMPEN KANOR BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung cepat, berbagai fasilitas-fasilitas yang canggih diciptakan agar penggunaan tekhnologi mudah diakses oleh semua kalangan. Hal ini mendorong terjadinya perubahan di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Literasi saat ini dikemas ke dalam bentuk kecanggihan yakni literasi dalam bentuk digital. Kompetensi dalam literasi digital telah menjadi istilah kunci keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa dalam bbeberapa tahun terakhir. Berkembangnya teknologi menjadi tantangan bagi guru dituntut untuk memahami teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran secara baik. Adapun sekolah MTs Darul Falah Kedungprimpen merupakan salah satu sekolah yang menggunakan media pembelajaran literasi digital pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar pembelajaran tidak cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif, monoton dan merasa cepat bosan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTs Darul Falah
Kedungprimpen Kanor, Bojonegoro, Guru mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits dan siswa kelas VII. Peneliti menggunakan teknik analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penggunaan Media Literasi Digital untuk Menstimulasi Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Kelas VII yakni menggunakan aplikasi Youtube, Quizizz, Google Form, dan Whatsapp. (2) Efektivitas media literasi digital untuk menstimulasi
pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-qur’an hadits kelas VII siswa lebih tertarik dan mudah paham materi, selain itu impelementasinya melalui pembukaan, penyajian, aktivitas lanjutan dan penutup. (3) faktor pendukung yakni
terdapat fasilitas penunjang, dapat diakses kapan saja, dan terdapat banyak konten menarik. Sedangkan faktor penghambatnya yakni jaringan yang susah, terjadi
pemadaman listrik dan membutuhkan kuota internet untuk belajar di rumah. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Literasi Digital, Menstimulasi Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Literasi Digital, Menstimulasi Pemahaman Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Supras Styyo
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:18
Last Modified: 07 Sep 2023 04:18
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AUFA, ARI ABI
NIDN2107057802
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item
View Item