Kirom, Narjul (2023) INTEGRASI NILAI-NILAI KEPRIBADIAN KEISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM PENDIDIKAN TERAPAN BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (PRODISTIK) DI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (371kB)
2. AWALAN.pdf
Download (999kB)
3. BAB I.pdf
Download (585kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (660kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (717kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (536kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Download (147kB)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tesis berjudul “Integrasi Nilai-Nilai Kepribadian Keislaman dalam Pembelajaran Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Prodistik) Di MA Islamiyah Senori” bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu apa bentuk dan bagaimana pelaksanaan integrasi nilai-nilai kepribadian keislaman dalam pembelajaran Program Pendidikan Terapan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) di MA Islamiyah Senori. Penelitian ini adalah penelitian kulaitatif studi kasus dengan metode penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implikasi teoritis dari adanya integrasi nilai-nilai kepribadian keislaman yang diterapkan pada siswa bidang Prodistik di MA Islamiyah Senori adalah dengan menerapkan perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan yang mencakup beberapa nilai seperti: nilai ibadah, nilai akhlak, nilai Ikhlas, nilai sabar. Nilai kepribadian yang berhubungan dengan diri sendiri sebuah sikap terkait kejujuran dari para siswa. Nilai kepribadian dalam hubungannya dengan sesama, penerapan nilai ini sangat penting dilakukan oleh para siswa yaitu dengan mengapresiasi berbagai bentuk karya orang lain, serta pentingnya rasa tanggung jawab dan juga sikap saling menghargai di lingkungan sekolah. Bentuk nilai kepribadian dalam hubungannya dengan sesama yaitu: sikap menghargai karya orang lain, santun, dan demokratis. Nilai kepribadian dalam hubungannya dengan lingkungan, menjaga dan memelihara agar lingkungan senantiasa bersih dan sehat. Nilai Kebangsaan, salah satu cerminan dari adanya nilai kebangsaan adalah rasa nasionalisme yang tinggi dapat diterapkan kepada para siswa untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan serta menghargai keberagaman. Rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada dewan guru,yaitu dibutuhkan untuk menambah literatur dari luar guna meningkatkan kemampuan siswa karena pembelajaran dalam bidang komputer harus selalu mengikuti perkembangan zaman, guru untuk selalu memberikan motivasi serta pengetahuan yang lebih guna mengajarkan kedisiplinan kepada siswa. Kata kunci: Integrasi, Kepribadian, Prodistik.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Keislaman, Prodistik |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 606 Organisasi di bidang teknologi dan ilmu terapan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Narjul Kirom |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:03 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor AUFA, ARI ABI NIDN2107057802 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2748 |