IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI LITERASI DIGITAL DI MTS ISLAMIYAH TEMAYANG BOJONEGORO

Sari Putri, Eva Elvianita Nanda (2023) IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA MELALUI LITERASI DIGITAL DI MTS ISLAMIYAH TEMAYANG BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (410kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf

Download (391kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi moderasi beragama merupakan strategi penting dalam meminimalisir adanya tindakan atau pemikiran radikalisme, intoleransi dan kekerasan yang mengatasnamakan agama, terutama di era digitalisasi seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui: (1) Bagaimana implementasi moderasi beragama melalui literasi digital di MTs Islamiyah Temayang Bojonegoro; dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi moderasi beragama melalui literasi digital di MTs Islamiyah Temayang Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: moderasi beragama yang diimplementasikan melalui literasi digital di MTs Islamiyah Temayang Bojonegoro telah terealisasikan dengan baik pada para siswa dan seluruh warga madrasah.
Intergrasi moderasi beragama melalui literasi digital, diwujudkan dalam kegiatan madrasah yang menunjang adanya implementasi moderasi beragama, meliputi kegiatan-kegiatan keagamaan kajian moderasi beragama dan ekstrakurikuler jurnalistik multimedia. Upaya implementasi indikator moderasi beragama melalui literasi digital, seperti kegiatan pembiasaan upacara dan sholat dhuha, workshop literasi digital, lomba pidato moderasi beragama, penulisan essai atau artikel, pembuatan poster moderasi beragama. Faktor pendukung lainnya adalah faktor internal (bakat skill digital yang dimiliki siswa, minat siswa untuk berkontribusi dalam kemajuan teknologi melalui karya digital) dan faktor eksternal (fasilitas dan akses internet yang memadahi). Sedangkan faktor penghambat internal dalam implementasi moderasi beragama melalui literasi digital di MTs Islamiyah Temayang Bojonegoro adalah minat siswa terhadap literasi digital yang berbeda, faktor eksternalnya yaitu keterbatasan fasilitas dan akses internet, serta lingkungan yang homogen muslim sehingga pengalaman toleransi terhadap non-muslim belum dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Literasi Digital
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Elvianita
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:25
Last Modified: 05 Sep 2023 07:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
UNSPECIFIED
Anwar, Saeful
NIDN2115118902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item
View Item