HIDAYATI, NUR LAILI RAHMA (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AHLUSUNNAH WAL JAMAAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP BERAGAMA SISWA MTS DARUSSALAM DERU SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (41kB)
AWALAN .pdf
Download (714kB)
BAB I.pdf
Download (474kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (648kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (394kB)
BAB VI.pdf
Download (339kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (394kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (969kB) | Request a copy
Abstract
Nahdlatul Ulama memiliki kerangka berfikir yang didasarkan pada Ahlusunnah Wal Jamaah dan pada akhirnya menjadikan Khittah Nahdlatul Ulama, pengelaman dasar keagamaan aswaja membentuk adanya nilai-nilai aswaja di antaranya adalah 1). tawasuth (moderat), 2). tasamuh (toleran), 3). tawazun (seimbang), 4). i’tidal (berkeadilan), 5). amar makruf nahi munkar (mengajak kebaikan dan mencegah kemunkaran).
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui bagaimana konsep nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah serta implementasi nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah dalam menumbuhkan sikap beragama siswa MTs Darussalam Deru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar belakang MTs Darussalam Deru, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa interaktif meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut 1). Konsep nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah dalam menumbuhkan sikap beragama siswa MTs Darussalam Deru adalah setiap siswa-siswi diajarkan sikap dewasa dalam menghadapi masalah dan menganut konsep tauhid yaitu menyatakan keesaan Allah SWT, sedangkan dalam fiqih menganut 4 madzab, 2). Implementasi nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah, implementasi nilai-nilai aswaja dilakukan dengan menggunakan 3 metode yaitu 1) metode pembahasan, 2) metode pembiasaan dan 3). Metode keteladanan. Faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah adalah dari faham yang sama, organisasi ISDA, ekstrakulikuler Muhadhoroh. Faktor penghambatnya adalah pergaulan di luar sekolah, lingkungan masyarakat yang kurang suport dan kurangnya pengawasan dari kedua orang tua.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-nilai Ahlusunnah Wal Jamaah, Sikap Beragama |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NUR LAILI RAHMA HIDAYATI |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 07:16 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Silfiyah, Khoirotus NIDN2119049201 Thesis advisor Roin, Usman NIDN0728088204 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2735 |