NI’MAH, ZAHROTUN (2020) Wanprestasi dalam Praktik Giveaway Sebagai Daya Tarik Konsumen di Instagram Perspektif Hukum Bisnis Islam. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (301kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (791kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (773kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (612kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (229kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (340kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Giveaway adalah sebuah kegiatan berupa hadiah gratis kepada siapa saja sesuai dengan produk yang dijanjikan oleh sponsor, namun peserta harus memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut seperti melakukan spamlike, coment atau tag akun seseorang di setiap postingan Instagram. Praktik giveaway saat ini cukup viral dilakukan oleh online shop salah satunya dilakukan di Instagram. Giveaway merupakan suatu bentuk promosi yang dikemas dengan cara kompetisi, disini pasti ada pemenang dan ada yang tidak menang. Peserta yang menang pun akan mendapatkan hadiah, sedangkan yang tidak menang tidak mendapatkan apapun. Salah satu akun Instagram yang mengadakan giveaway yaitu @qk17cellular. Di dalam penyelenggaraan giveaway di @qk17cellular ada ketentuan bahwa ongkos kirim dan pajak ditangggung pemenang, tetapi setelah pemenang memenuhi ketentuan tersebut hadiah tidak kunjung diberikan.
Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana wanprestasi dalam praktik giveaway sebagai daya tarik konsumen di Instagram dan bagaimana wanprestasi praktik giveaway sebagai daya tarik di Instagram perspektif hukum bisnis Islam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui wanprestasi dalam praktik giveaway sebagai daya tarik konsumen di Instagram serta menganalisis wanprestasi dalam praktik giveaway sebagai daya tarik konsumen di Instagram perspektif hukum bisnis Islam.
Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan tempat penelitian di Instagram di akun @qk17cellular. Sumber datanya meliputi data primer yaitu observasi dan wawancara serta dokumentasi. Sedangkan data sekundernya diperoleh dari sumber-sumber pustaka seperti buku, jurnal, dan internet. Sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan teori wa‟ad dan khiya>nat.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan (1) Wanprestasi dalam praktik giveaway pada akun Instagram @qk17cellular, ketika mengikuti giveaway peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan, seperti follow, like, comment, serta ongkos kirim dan pajak ditanggung pemenang. Penentuan pemenang dilakukan secara acak oleh @qk17cellular. Tetapi setelah pemenang memenuhi syarat dan ketentuan tersebut, hadiahnya tidak kunjung diberikan oleh @qk17cellular. (2) Ditinjau dari teori wa‟ad, yang dilakukan oleh @qk17celular itu merupakan janji kepada siapapun yang mau melakukan syarat dan ketentuan yang dibuat oleh pihak @qk17cellular dan ini sudah sesuai, hanya saja disini terjadi pengkhiya>natan kepada pihak pemenang giveaway, karena pihak @qk17cellular tidak memberikan hadiah sesuai apa yang sudah dijanjikan setelah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut. Sehingga dalam hal ini merugikan salah satu pihak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wanprestasi, Giveaway, Instagram, Hukum Bisnis Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 15:43 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 15:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyono, Eko Arief UNSPECIFIED Thesis advisor Shiddiqi, Hasbi Ash UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/273 |