PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (METODE INQUIRI, DEMONSTRASI DAN PROBLEM SOLVING) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUKOSEWU BOJONEGORO

ROHMATIN, SITI (2018) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (METODE INQUIRI, DEMONSTRASI DAN PROBLEM SOLVING) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 2. HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf] Text
2. HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf] Text
4. BAB I.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)

Abstract

Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan strategi belajar aktif metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro dan bagaimana hambatan dan solusi penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving)dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro. Adapun tujuan penelitian adalah agar memiliki gambaran umum tentang penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro, dan mengetahui bagaimana hambatan dan solusi penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara / interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi dan problem solving) dalam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: diberikan oleh guru. Kata-kata kunci: Strategi (Strategy), Belajar Aktif (Active Learning), Inquiri, Demonstrasi, Problem Solving, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:43
Last Modified: 10 Aug 2023 02:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
NIDN2110027101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item
View Item