ROHMATIN, SITI (2018) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (METODE INQUIRI, DEMONSTRASI DAN PROBLEM SOLVING) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
2. HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf
Download (5kB)
Abstrak.pdf
Download (8kB)
4. BAB I.pdf
Download (175kB)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB) | Request a copy
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB) | Request a copy
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB) | Request a copy
8. BAB V.pdf
Download (108kB)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (65kB)
Abstract
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan strategi belajar aktif metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro dan bagaimana hambatan dan solusi penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving)dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro. Adapun tujuan penelitian adalah agar memiliki gambaran umum tentang penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro, dan mengetahui bagaimana hambatan dan solusi penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi, dan problem solving) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara / interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi belajar aktif (metode inquiri, demonstrasi dan problem solving) dalam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Sukosewu Bojonegoro sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan-kekurangan. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas, antara lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti, aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, dan lebih aktif dalam mencari informasi yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diberikan oleh guru. Kata-kata kunci: Strategi (Strategy), Belajar Aktif (Active Learning), Inquiri, Demonstrasi, Problem Solving, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Minarti, Sri NIDN2110027101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2654 |