SUTRISNO, SUTRISNO (2022) PENGUATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN PENDIDIK PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASSALAM TUBAN DAN AL ROSYID BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1. COVER.pdf
Download (327kB)
2. AWALAN.pdf
Download (551kB)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 12 September 2023.
Download (376kB) | Request a copy
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (585kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (439kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (557kB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB) | Request a copy
8. BAB VI.pdf
Download (288kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (393kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan karakter berperan penting dalam mengatasi krisis identitas yang melanda bangsa Indonesia, dengan berbagai isu mengemuka yang menggerogoti kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap identitas bersama sebagai bangsa Indonesia..1 Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah terletak pada pengembangan kedisiplinan pada santri dan konsistesi guru dalam disiplin sekolah, guru harus membantu siswa mengembangkan pola perilaku, meningkatkan standar perilaku, dan menerapkan aturan sebagai alat untuk menegakkan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai konsep penguatan kompetensi pendidik pada santri yang ada di pondok pesantren Assalam Bangilan dan pondok pesantren Al Rosyid Bojonegoro, implementasi penguatan kompetensi pendidik dan upaya yang dilakukan di pondok pondok pesantren Assalam Bangilan dan pondok pesantren Al Rosyid Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskrptif. Subjek penelitian ini adalah guru yang ada di pondok pesantren Assalam dan Al Rosyid. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa konsep dalam penguatan kompetensi pendidik yaitu pemahaman, pengetahuan, kemampuan, nilai, sikap, minat. Dalam implementasi penguatan kompetensi pendidik di temukan adanya pembiasaan nilai-nilai utama,keteladanan yang baik,Melibatkan seluruh pemangku kepentingan, Membangun serta mematuhi norma, peraturan, dan tradisi pesantren, memperbanyak literasi,pengembangan diri yang dinanams dan pendampingan yang baikala yang mampu memecahkan segala permasalahan .upaya yang dilakukan dalam penguatan kompetensi pendidik adalah dengan cara memberikan arahan scara terjadwal sekaligus sbagai evaluasi.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan,Kompetensi Pendidik,Santri |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:26 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED UNSPECIFIED Burhanuddin, Hamam UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2652 |