Sa’diyah, Lailatus (2020) Tinjauan Hukum Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Jasa Feedback(Ulasan) Instan di Bukalapak.com. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (239kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (847kB)
BAB I.pdf
Download (294kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (456kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (191kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Bukalapak.com adalah perusahaan e-commerce online Marketplace di Indonesia yang menyediakan tempat jual beli online murah dan terpercaya. Bukalapak.com memiliki banyak sekali fitur. Salah satunya adalah fitur Ulasan Instan yang dapat digunakan untuk memberikan ulasan secara instan pada toko pelapak di Bukalapak.com. Jual Beli Jasa Feedback (Ulasan) Instan di sediakan untuk membantu menaikkan rating penjualan para pelapak baru di Bukalapak.com.
Penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah. Pertama, yaitu bagaimana paraktik jual beli jasa feedback (ulasan) instan di Bukalaapk.com. Kedua, bagaimana tinjauan hukum bisnis Islam terhadap jual beli feedback (ulasan) instan di Bukalapak.com. Tujuan dari peneliti adalah mengetahui bagaimana praktik jual beli jasa feedback (ulasan) instan di Bukalapak.com di tinjau dari hukum bisnis Islam.
Penelitian ini merupakan field reseach , dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber datanya meliputi data primer dan sekunder, dari data primer diperoleh hasil observasi dan wawancara yang berhubungan dengan praktik jual beli jasa feedback (ulasan) instan. Sedangkan dari data sekunder diperoleh atau dikumpulkan dari sumber-sumber yang telah ada, yaitu laporan penelitian terdahulu, buku-buku fikih muamalah, dan kitab-kitab fikih klasik yang menjelaskan tentang ijarah. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analitik.
Pelapak di Bukalapak.com harus mendaftarkan akun sebagai pelapak, kemudian pelapak harus menjual barang atau produk di lapak penjualanya. Setelah adanya transaksi jual beli, ketika terdapat pembeli yang tidak memberi penilaian atas barang atau produk yang di beli, dengan maksimal 5 hari setelah barang diterima oleh pembeli. Maka selanjutnya pelapak dapat menggunakan fitur jasa ulasan instan di Bukalapak.com yang sudah dibeli oleh pelapak Bukalapak.com.
Berdasarkan Analisis Menurut Tinjauan Hukum Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Jasa Feedback (Ulasan) Instan di Bukalapak.com menggunakan teori ijarah yaitu jika ulasan instan itu sudah sesuai dengan fakta maka termasuk kedalam ija>rah shohihah tetapi ketika tidak sesuai fakta maka termasuk bentuk dusta dan menjadi ijarah fasid karena mu’jar alaihnya tidak muntafa’an syar’an, padahal syaratnya mu’jar alaih itu harus muntafa’an syar’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual Beli Jasa Feedback (Ulasan) Isntan di Bukalapak.com |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri |
Divisions: | Fakultas Syari'ah dan Adab > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 00:33 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 00:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Hambali, Ridwan UNSPECIFIED Thesis advisor Fauziyah, Ririn UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/262 |