ROKHIM, ABDUL (2022) SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) PLUS NABAWI KEDUNGADEM BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
0 COVER.pdf
Download (476kB)
BAB I.pdf
Download (505kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (284kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (15kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (237kB)
BIOGRAFI PENULIS.pdf
Download (116kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep supervisi akademik meningkatkan keterampilan mengajar guru, (2) Pelaksanaan supervisi akademik meningkatkan keterampilan mengajar guru, dan (3) Hasil supervisi akademik meningkatkan keterampilan mengajar guru di MTs Plus Nabawi Kedungadem Bojonegoro. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala, objeknya guru MTs Plus Nabawi Kedungadem. Teknik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data, Miles dan Huberman yaitu memberikan interpretasi sesuai konteks yang sedang berlangsung, diawali dengan reduksi data, penyajian data, interpretasi dan penarikan kesimpulan. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang peran guru dalam kegiatan pembelajaran dan peran kepala dalam melaksanakan supervisi guru. Dukumentasi digunakan untuk mendapat hasil data supervisi mengajar guru yang diperoleh dari data madrasah. Analisis data menggunakan teknik diskriptif analisis yaitu menggambarkan atau menerangkan keadaan yang sebenarnya yang terjadi dilapangan untuk kemudian di analisis. Uji pemeriksaan keabsahan data menggunakan kredibilitas atau derajat kepercayaan, untuk menguji fenomena terkait dengan menggunakan triangulasi sumber, agar memperoleh gambaran sistematis yang nyata tentang konsep, pelaksanaan dan hasil dari supervisi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala MTs Plus Nabawi meliputi: (1) perencanaan supervisi akademik kepala MTs Plus Nabawi yaitu: supervisi kelompok melalui kegiatan musyawarah guru mata pelajaran dan supervisi individual melalui kegiatan supervisi yang terjadwal pada semester ganjil/genap ; (2) strategi pelaksanaan supervisi akademik sebagai upaya kepala meningkatkan keterampilan mengajar guru yaitu: membimbing dan mendorong guru dan siswa dalam kegiatan akademik, dan menyediakan media pendukung dalam pencapaian keterampilan akademik ; (3) faktor pendukung dalam keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan keterampilan mengajar guru yaitu: adanya kepedulian yang tinggi dari kepala dalam pelaksanaan supervisi, adanya motivasi yang tinggi dari guru dalam pelaksanaan supervisi, dan adanya media pendukung yang memadai dalam pelaksanaan supervisi.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervisi akademik, keterampilan mengajar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 05:11 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 05:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Transcriber Minarti, Sri NIDN2110027101 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2019028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2373 |