LITERASI DAN NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING SISWA DI MI DARUL HUDA GEDONGARUM KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

TAUFIQ, AHMAD (2022) LITERASI DAN NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING SISWA DI MI DARUL HUDA GEDONGARUM KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Bangsa yang besar bukan hanya yang luas wilayah dan jumlah penduduknya banyak tetapi bangsa yang siap menghadapi perkembangan zaman dari segi ilmu dan teknologi, bangsa yang tidak siap dengan perkembangan ilmu dan teknologi dipastikan akan sangat tertinggal jauh dengan bangsa lain. Untuk itu, perlu ditingkatkan melalui literasi dan numerasi pada penguatan pendidikan karakter. Pada era 4.0 dan abad 21 ini, sekolah dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi atau yang biasa disebut dengan 4C. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik terhadap pengembangan critical thingking siswa MI Darul Huda Gedongarum Kanor Bojonegoro, kendala yang dihadapi dan upaya mengatasi kendala yang ada. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitan lapangan dengan pendekatan kualaitatif deskriptif. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan observasi, teknik wawancara yang mendalam kepada Wakil Kepala bidang kurikulum, guru kelas 3, dan siswa kelas 3 MI Darul Huda serta dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan observasi dengan hasil menunjukkan belum maksimalnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik terhadap pengembangan critical thingking siswa MI Darul Huda Gedongarum Kanor Bojonegoro Hasil penelitian ini setelah diterapkan pembelajaran sesuai modul literasi dan numerasi diantaranya dengan unit pembelajaran Big Book siswa sangat kreatif, aktif dan kritis. Dengan demikian literasi dan numerasi pada pembelajaran tematik dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik di MI Darul Huda.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: literasi, numerasi, pembelajaran tematik, Critical Thinking.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Choirotul Nikmah
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:06
Last Modified: 16 Mar 2023 04:06
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
0731127601
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
2019028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item
View Item