TAUFIQ, AHMAD (2022) LITERASI DAN NUMERASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENGEMBANGAN CRITICAL THINKING SISWA DI MI DARUL HUDA GEDONGARUM KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (509kB)
AWALAN.pdf
Download (748kB)
BAB I.pdf
Download (484kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (529kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (672kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (263kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (335kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Bangsa yang besar bukan hanya yang luas wilayah dan jumlah penduduknya banyak tetapi bangsa yang siap menghadapi perkembangan zaman dari segi ilmu dan teknologi, bangsa yang tidak siap dengan perkembangan ilmu dan teknologi dipastikan akan sangat tertinggal jauh dengan bangsa lain. Untuk itu, perlu ditingkatkan melalui literasi dan numerasi pada penguatan pendidikan karakter. Pada era 4.0 dan abad 21 ini, sekolah dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi atau yang biasa disebut dengan 4C. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik terhadap pengembangan critical thingking siswa MI Darul Huda Gedongarum Kanor Bojonegoro, kendala yang dihadapi dan upaya mengatasi kendala yang ada. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitan lapangan dengan pendekatan kualaitatif deskriptif. Penelitian ini melakukan pengumpulan data dengan observasi, teknik wawancara yang mendalam kepada Wakil Kepala bidang kurikulum, guru kelas 3, dan siswa kelas 3 MI Darul Huda serta dokumentasi. Penelitian ini diawali dengan observasi dengan hasil menunjukkan belum maksimalnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan literasi numerasi dalam pembelajaran tematik terhadap pengembangan critical thingking siswa MI Darul Huda Gedongarum Kanor Bojonegoro Hasil penelitian ini setelah diterapkan pembelajaran sesuai modul literasi dan numerasi diantaranya dengan unit pembelajaran Big Book siswa sangat kreatif, aktif dan kritis. Dengan demikian literasi dan numerasi pada pembelajaran tematik dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik di MI Darul Huda.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, numerasi, pembelajaran tematik, Critical Thinking. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Choirotul Nikmah |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:06 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana 0731127601 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam 2019028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2363 |