PENGARUH BERKISAH MELALUI BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NURUL MUTTAQIN DESA SOKOGRENJENG KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN

SUWITI, SUWITI (2019) PENGARUH BERKISAH MELALUI BONEKA TANGAN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NURUL MUTTAQIN DESA SOKOGRENJENG KECAMATAN KENDURUAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah
perkembangan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan
banyak orang untuk bisa berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi
yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk
mengembangkan kemampuan bahasa yaitu metode bercerita. Metode bercerita
merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak RA dengan
membawakan cerita yang berisi nilai-nilai perjuangan, keagaaman, moral, sosial,
dan lain-lain baik secara lisan maupun non lisan.
Kegiatan berkisah dapat menarik fokus anak untuk mendengarkan, maka
media boneka tangan dapat digunakan untuk menarik minat anak untuk bisa
antusias, senang, dan perhatian dalam mendengarkan guru. Anak lebih mengenal
sejarah-sejarah Islam yang ada dijawa agar cerita sejarah pada zaman dahulu tidak
punah/hilang begitu saja, maka kami ingin meningkatkan Perkembangan bahasa
melalui boneka tangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa
anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita dengan boneka
tangan dan menjelaskan pengaruh berkisah melalui boneka tangan dalam
meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok A. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan
eksperimen dengan rancangan pretest-posttest test design. Subyek dalam
penelitian ini adalah siswa-siswi pada kelompok A di RA Muslimat Nurul
Muttaqin Desa Sokogrenjeng Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban yang
berjumlah 28 anak.
Melalui uji statistik Nonparametik dengan menggunakan rumus wilcoxon
sign test, maka dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil Z yang dihasilkan adalah
-4,683 dengam p-value (probabilitas) sebesar 0,00 karena nilai p-value
(probabilitas) yang di hasilkan kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa
metode berkisah dengan menggunakan boneka tangan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap perkembangan bahasa anak di RA Muslimat Nurul Muttaqin.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 22 Nov 2021 16:31
Last Modified: 22 Nov 2021 16:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fikri, Mohammad Tsaqibul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item