EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ABU DARRIN BOJONEGORO

NI’MAH, SITI ALFIYATUN (2020) EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ABU DARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran Experiental Learning adalah model pembelajaran yang dimana pengalaman belajar sebagai media belajar. Dan model pembelajaran Experiental Learning lebih menekankan kepada peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran yang nantinya akan berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan ilmu fiqih adalah ilmu yang sangat penting untuk bersikap dan menjalani kehidupan. Dengan menggunakan metode ini diharapkan peserta didik dapat memahami materi tertentu dan dapat melakukannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model experiental learning, (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model experiental learning, (3) pengaruh model experiental learning pada mata pelajaran fiqih terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan di MA Abu Darrin Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional dengan variabel terikatnya adalah Model pembelajaran Experiental Learning dan variabel bebasnya adalah pengembangan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Dengan demikian dapatlah dinyatakan bahwa pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,592 >0,361 . Sedangkan dalam tarif 1% ro > rt = 0,592 > 0,463. Hipotetis alternative (Ha) yang penulis ajukan dapat diterima dan hipotetis nihil (Ho) ditolak. Jadi terdapat adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Experiental Learning terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Abu Darrin Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Experiental Learning dan pengembangan berpikir kritis siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:04
Last Modified: 01 Dec 2022 02:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item
View Item