NI’MAH, SITI ALFIYATUN (2020) EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA ABU DARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.
COVER.pdf
Download (122kB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (577kB)
BAB 1.pdf
Download (234kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (287kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (546kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (70kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (88kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
ABSTRAK Model pembelajaran Experiental Learning adalah model pembelajaran yang dimana pengalaman belajar sebagai media belajar. Dan model pembelajaran Experiental Learning lebih menekankan kepada peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran yang nantinya akan berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sebagaimana kita tahu bahwa pendidikan ilmu fiqih adalah ilmu yang sangat penting untuk bersikap dan menjalani kehidupan. Dengan menggunakan metode ini diharapkan peserta didik dapat memahami materi tertentu dan dapat melakukannya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model experiental learning, (2) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menerapkan model experiental learning, (3) pengaruh model experiental learning pada mata pelajaran fiqih terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan di MA Abu Darrin Bojonegoro. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional dengan variabel terikatnya adalah Model pembelajaran Experiental Learning dan variabel bebasnya adalah pengembangan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Dengan demikian dapatlah dinyatakan bahwa pada taraf signifikansi 5% ro > rt = 0,592 >0,361 . Sedangkan dalam tarif 1% ro > rt = 0,592 > 0,463. Hipotetis alternative (Ha) yang penulis ajukan dapat diterima dan hipotetis nihil (Ho) ditolak. Jadi terdapat adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Experiental Learning terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Abu Darrin Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Experiental Learning dan pengembangan berpikir kritis siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:04 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:04 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2333 |