KARAKTERISTIK PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C PKBM GRIYA MURTI DESA BANGUNREJO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

PURBANINGSIH, SITA RESMI (2020) KARAKTERISTIK PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C PKBM GRIYA MURTI DESA BANGUNREJO KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI BOJONEGORO.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sebagai tempat atau wadah untuk seseorang dalam menuntut ilmu pengetahuan, mengembangkan dan menggali potensi diri. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Seyogyanya pendidikan dapat menjadi kontrol dalam menghadapi perkembangan dan perubahan zaman. Namun hal tersebut bertolak belakang, realitasnya budaya atau tradisi yang sudah melekat dan seharusnya dilestarikan melalui peserta didik di dlam suatu lembaga pendidikan, tetapi budaya atau tradisi tersebut hilang tergantikan dengan budaya modern. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendiskripsikan bagaimana Karakteristik pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Griya Murti Desa Bangunrejo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban; (2) Untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Griya Murti Desa Bangunrejo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Adapun tiga teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis berupa data kualitatif penelitian yang didapatkan dari berbagai sumber dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bermacam-macam (triangulasi), dan juga dilakukan secara terus menerus. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, para pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Karakteristik pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Griya Murti Desa Bangunrejo baik. Inti dari keberhasilan pembelajaran adalah praktek dari pembelajaran atau KBM itu sendiri; (2) Proses pelaksanaan pembelajaran oleh tutor berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran PAI di Program Pendidikan Kesetaraan Paket C PKBM Griya Murti Desa Bangunrejo di kelas yang baik dapat meningkatkan prestasi warga belajar. Berdasarkan data dari angket yang telah diisi oleh penyelenggara dan evaluator tentang penilaian pelaksanaan pembelajaran PAI bahwa pelaksanaannya sudah dalam kategori baik .

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pelaksanaan PAI, Pendidikan Kesetaraan Paket C
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:55
Last Modified: 01 Dec 2022 01:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HUDA, AGUS
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item
View Item