IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X DI MA AS SATHI' KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG

ROMADONI, M.WAHFIYUDIN (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X DI MA AS SATHI' KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER .pdf] Text
COVER .pdf

Download (349kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (712kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam kegiatan belajar dalam proses pengembangannys memiliki potensi diri sehingga hasil belajar merupakan target penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam taksonomi bloom ada tiga ranah aspek. Pertama, kognitif yakni prestasi belajar siswa dari kegiatan siswa yang berkaitan dengan kemampuan intelektual siswa meliputi pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan lain-lain.. Kedua, aspek afektif yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan kemampuan sikap meliputi reaksi siswa terhadap pembelajaran, menilai, mengorganisasikan pelajaran. Ketiga, aspek psikomotorik yakni prestasi belajar siswa dari hasil belajar yang berkaitan dengan keterampilan motorik/gerak siswa dalam kegiatan belajar meliputi pemahaman konsep dalam pembelajaran, keterampilan dalam berproses dan keterampilan siswa dalam memberikan sikap terhadap hal-hal yang ada dalam kegiatan belajar.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak, faktor pendukung serta faktor penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas X di MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan untuk penelitian adalah pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Proses pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Kegiatan pembelajaran dikatakan ideal bila siswa dapat berpartisipasi aktif, sehingga pendidik bertindak menjadi7fasilitator yang berorientasi student7center. Menurut8wijaya, bila kegiatan pembelajaran dirasa jenuh, maka pendidik harus memakai media pembelajaran yang dapat mengembangkan motivasi belajar siswa. (2) Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mata pelajaran Akidah akhlak Siswa kelas X MA As Sathi’ Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang meliputi: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, dan Evaluasi. (3) Kekurangan atau kelemahan dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Terdapat banyak kelebihan dalam pemanfaatan menggunakan pendekatan saintifik. Hal ini terbukti dengan adanya perubahan tingkah laku dan tingkat pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Saintifik, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.WAHFIYUDIN ROMADONI
Date Deposited: 19 Nov 2022 02:04
Last Modified: 19 Nov 2022 02:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rozi, Fahrur
2124129001
Thesis advisor
Nisa', Ida Fauziyatun
2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2318

Actions (login required)

View Item
View Item